Jeff Jansen: Tahun 5774 – Masuk Ke Musim “Pintu yang Terbuka” dan Tangga Milik Anda… (Oct 24, 2013)


Suatu Musim Transisi yang Dahsyat Terjadi Pada Kita

Sekarang kita sudah memasuki tahun Ibrani of 5774, dan bagi kebanyakan orang tahun 5773 telah menjadi tahun dimulainya transisi dari satu siklus atau musim yang lama bersama Allah menuju siklus atau musim yang baru. Musim yang lama, meski begitu menantang bagi banyak orang, adalah musim yang baik karena telah mempersiapkan kita untuk pergi ke tempat tujuan kita untuk menjadi seperti apa kita selanjutnya.

Chuck Pierce menyebut tahun 5773 sebagai tahun “Unta.” Unta diciptakan secara unik untuk mampu membawa seseorang bersama barang miliknya melalui padang gurun dengan mudahnya. Di tahun yang telah lewat ini kita telah memulai suatu musim transisi yang menyiapkan Tubuh Kristus secara korporat untuk apa yang saya yakini sebagai – musim atas persediaan yang besar, lawatan dan kebangkitan secara pribadi, korporat, dan nasional.

Kita melihat gambaran akan musim yang akan datang ini dalam Kejadian 31 dimana Yakub telah bekerja bagi ayah menantunya yang tidak jujur, Laban, di negeri yang jauh; 7 tahun bagi Rahel dan 7 tahun bagi Lea – total 14 tahun. Laban curang di dalam perjanjiannya dengan Yakub dan 10x mengubah upahnya.

Bagi banyak orang, anda telah melewati suatu musim ujian dan kesukaran yang dahsyat seolah-olah anda berada di negeri yang jauh, namun Allah sedang memanggil anda untuk bangun dan keluar dari tempat itu menuju tempat yang baru.

Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yakub: “Pulanglah ke negeri nenek moyangmu dan kepada kaummu, dan Aku akan menyertai engkau” (Kej. 31:3). Dan sekali lagi malaikat Allah menampakkan diri kepada Yakub di dalam sebuah mimpi, “Akulah Allah yang di Betel itu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; MAKA SEKARANG, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramuw to Me” (Kej. 31:13).

Lihatkah anda bagaimana Tuhan menyuruh Yakub untuk “Now arise (Bangkitlah sekarang)”? Sekaranglah saatnya untuk bangkit!

Perjumpaan Pertama Yakub Dengan Pintu yang Terbuka

Bersiaplah untuk bekerjasama di masa transisi ini saat Allah membuka pintu untuk memindahkan anda ke tempat-tempat yang baru bersamaNya. Allah telah sangat memberkati Yakub di musim ini, namun SEKARANG waktu baginya untuk kembali ke tempat dimana ia pertama kali berjumpa dengan Tuhan, yaitu di Betel. Kej. 28:11-19 menceritakan kisahnya di Betel.

Di Betel, Yakub mengalami Pintu yang Terbuka dalam suatu mimpi dimana malaikat-malaikat Allah naik turun di tangga surgawi. Ia menyebutnya “Tangga Ke Surga.” Disitu Allah mengingatkannya akan perjanjianNya kepada Abraham dan Ishak dan mengucapkan kembali berkat baginya dan keturunannya.

Lalu di Kej. 31, Tuhan memerintahkan Yakub untuk kembali ke Betel. Yakub membuat persiapan untuk masuk ke musim yang baru menurut perkataan Allah: “Lalu bersiaplah Yakub, dinaikkannya anak-anaknya dan isteri-isterinya ke atas unta” (Kej. 31:17). Yakub berangkat naik unta bersama isteri-isterinya, anak-anaknya dan semua harta miliknya, dan Laban, ayah mertuanya, tidak diberitahu tentang hal itu selama tiga hari. Laban marah saat Yakub meninggalkannya dan ia mengejarnya dengan niat untuk mencelakainya; namun Malaikat Allah menampakkan diri padanya di dalam mimpi dan mengingatkannya untuk tidak mencelakai Yakub.

Bangkit dan Bergerak Maju

Saat kita melakukan perpindahan untuk kembali ke tempat Pintu yang Terbuka, musim yang lama mungkin tak ingin meninggalkan anda, tetapi bangkit dan bergeraklah maju – karena Allah menyertai anda! Malaikat Allah akan melindungi dan menjagai anda dan keluarga anda saat kita melanjutkan untuk bergerak di musim ini.

Ada banyak hal yang tersingkap antara Yakub dan Laban dalam Kej. 31 namun poin yang ingin saya tekankan – Yakub adalah simbol dari perintah baru, sedangkan Laban mewakili perintah yang lama. Perintah yang lama hampir selalu terancam oleh perintah yang baru dan ingin menghentikannya sebisa mungkin. Laban tidak ingin membiarkan Yakub pergi, namun pada akhirnya ia mengucapkan suatu berkat atas Yakub dan melepaskannya pergi.

“Keesokan harinya pagi-pagi Laban mencium cucu-cucunya dan anak-anaknya serta memberkati (meminta perkenanan Allah) mereka, kemudian pulanglah Laban kembali ke tempat tinggalnya” Kej. 31:55.

Saat kita membuat transisi menuju musim yang baru, kita harus melepaskan ikatan-ikatan dengan masa lalu. Hal ini penting karena kita tidak ingin membawa pelanggaran apapun dari masa lalu untuk masuk ke musim yang baru.

Mahanaim – Tarian Di Antara Bala Tentara

Yakub telah mendapatkan ketenangan saat mertuanya Laban memberkati Yakub, puteri-puterinya dan cucu-cucunya dan pulang kembali ke rumahnya. Dengan segera dalam Kej. 32, kita melihat suatu gambaran dimana kita mengarah ke musim 5774 yang baru ini. “Yakub melanjutkan perjalanannya, lalu bertemulah malaikat-malaikat Allah dengan dia. Ketika Yakub melihat mereka, berkatalah ia: “Ini bala tentara Allah.” Sebab itu dinamainyalah tempat itu Mahanaim [bala tentara]” (Kej. 32:1-2).

Saat Yakub mengarah kembali ke Betel, dikatakan bahwa malaikat-malaikat Allah menjumpainya. Yakub menyebut tempat itu “Mahanaim” yang berarti bala tentara! Kid. Agung 6, selanjutnya menggambarkan bahwa “Mahanaim” berarti “gadis Sulam.”

“Kembalilah, kembalilah, ya gadis Sulam, kembalilah, kembalilah, supaya kami dapat melihat engkau! Mengapa kamu senang melihat gadis Sulam itu seperti melihat tari-tarian perang?” Kid. 6:13

Mahanaim adalah tarian di antara bala tentara! Saat Yakub mengarahkan hatinya ke Betel, tempat awal ia bertemu Allah, dimana ia melihat para malaikat di dalam mimpinya, dengan segera dikatakan bahwa “ketika Yakub melihat mereka, berkatalah ia: “Ini bala tentara Allah.” Sebab itu dinamainyalah tempat itu Mahanaim [bala tentara].” Yakub menyebut tempat itu Mahanaim karena bala tentara Surga (para malaikat) menjumpai bala tentara Yakub (keluarga di masa transisi) dan mereka menarikan tarian Mahanaim! Yakub menari bersama para malaikat di musim yang baru!

Saat kita bergerak kembali menuju suatu musim Pintu yang Terbuka, Allah mengutus bala tentaraNya untuk menuntun kita. Kita harus menari, menari, menari di musim yang baru ini dengan pengharapan yang besar, dan para malaikat Allah akan hadir untuk melindungi, menuntun dan membebaskan kita – namun kita harus tetap menari!

Inilah waktunya untuk bersukacita atas semua yang telah Allah berikan kepada kita dan pembebasan dariNya. Kita berpindah dari musim yang lama dengan semua hal yang telah Tuhan berkati untuk masuk ke musim lawatan, pembaruan, dan pewahyuan yang baru.

Dalam Kej. 28, Yakub melihat para malaikat dalam mimpinya.
Setelah mengalami padang gurun selama 14 tahun, ia menari bersama para malaikat di dimensi yang lain! Bersiaplah bagi dimensi yang lain di dalam Allah! Bersiaplah bagi kemuliaan yang lebih besar lagi yang akan disingkapkan kepada anda! Bersiaplah bagi musim Pintu yang Terbuka yang benar-benar baru!

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s