James Goll: Panggilan Allah: Jadilah Rumah Doa (Apr 15, 2012)


Pembukaan – Perkataan Profetik Mula-mula

Kalimat profetik yang pertama kali saya dengar adalah kalimat yang keluar dari mulut saya. Saat saya dipenuhi Roh Kudus di musim gugur 1972, suatu kalimat muncul dari keberadaan diri saya yang terdalam. Saya mendengar diri saya mendeklarasikan, “Dan seperti halnya minggu terakhir pelayanan Yesus di dunia, demikian juga di minggu terakhir, demikian juga hal ini akan menjadi pelayanan hari-hari terakhir Yesus oleh Roh Kudus di bumi. Ia akan pergi untuk menemui Rumah BapaNya dan Ia akan berkata, ‘RumahKu akan disebut Rumah Doa bagi segala bangsa!'” kalimat itu mengena bagi saya hingga hari ini dan telah menandai hidup saya selanjutnya. Yesus sedang melakukan kalimat ini di tengah-tengah kita di hari-hari ini.

Note: Baca Luk. 19:45-48 – Ayat ini dan ayat-ayat Alkitab lainnya menggambarkan Yesus yang dipenuhi oleh Roh Tuhan semesta alam dan menyatakan rencana dan tujuan Bapa dan terhubung dengan kalimat profetik di atas.

AYAT UTAMA – Kis. 16:16: “Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar.”

Telah diterima secara luas bahwa di masa Gereja mula-mula, di setiap kota tersedia tempat yang dikhususkan untuk berdoa. Maka Paul dan rekan-rekannya pergi ke lokasi ini untuk memulai pelayanan mereka.

Tempat-tempat Doa Bersejarah

1. Abraham – Kej. 13:2-4 – mezbah di alam terbuka
2. Rat. 3:55-56 – dalam penjara atau dalam dasar lobang yang dalam
3. Yunus – Yunus 2:1-2 – dalam perut suatu ikan yang besar
4. Daniel – Dan. 6:10 – dari tingkap jendela yang terarah ke Yerusalem
5. Suzanna Wesley – Ibu 17 anak ini memakai celemeknya yang ditaruh ke atas kepalanya sebagai tempat untuk berdoa
6. Yesus – Mat. 11:28 – Ia berkata kepada murid-muridNya untuk “datang kepadaNya”
7. Yesaya – Yes. 56:6-7 – Yang mendeklarasikan “kuil” akan disebut sebagai Rumah Doa

Langkah demi Langkah pada Kis. 16:15-30

1. Kis. 16:15 – Lidia mendesak kami untuk datang dan menumpang di rumahnya
2. Kis. 16:16 – Pergi ke tempat sembahyang dan musuh muncul
3. Kis. 16:17 – Musuh terus-menerus mendekat
4. Kis. 16:19 – Siksaan dan aniaya meningkat
5. Kis. 16:25 – Berdoa tanpa henti di ruang penjara
6. Kis. 16:26 – Terobosan dan pembebasan tiba-tiba muncul
7. Kis. 16:30 – Keselamatan tersedia bagi sipir penjara

Saat Tuhan Datang Mengetuk!

Respon Manusia Terhadap Panggilan Allah

1. Yakub – Kej. 25:31-34; 32:24-28 – saat lahir adalah seorang penipu dan pengganti – namun Tuhan mengganti namanya menjadi Israel, dan ia menjadi bapa segala bangsa.

2. Musa – Kel. 4:10-16 – berkata, “Aku ini tidak pandai bicara” – namun Tuhan menemuinya dalam kelemahannya dan memberinya Harun sebagai penyambung lidahnya.

3. Yesaya – Yes. 6:5-7 – berkata bahwa ia seorang najis – namun Tuhan mengutus seorang malaikat dengan memegang sebongkah bara dan menyucikannya.

4. Yeremia – Yer. 1:5-10 – berkata, “Aku ini masih muda” – Tuhan mengirim api ke dalam tulang-tulangnya sehingga ia tidak dapat menolak.

5. Petrus – Mat. 26:69-75 – menyangkal Tuhan – Allah memenuhinya dengan Roh Kudus dan kemanapun bayangannya melewati orang sakit, maka mereka akan sembuh.

6. Tomas – Yoh. 20:24-28 – berkata, “Aku tidak percaya” – namun Tuhan muncul di hadapanNya dan menunjukkan kepadanya banyak bukti. Lalu Tomas diutus ke India untuk memuridkan bangsa tersebut.

7. Feliks – Kis. 24:22-25 – “Cukuplah dahulu dan pergilah sekarang; apabila ada kesempatan baik, aku akan menyuruh memanggil engkau.”

Panggilan Allah tidaklah pernah menyenangkan. Panggilan ini menuntut respon. Jangan pernah berkata takkan pernah! Allah tidak pernah menerima kata tidak sebagai jawaban!

Allah Mencari Par aPendoa Syafaat

Respon yang Berkebalikan:

Respon Penundaan: Luk. 14:15-24
“Aku terlalu letih, terlalu sibuk, Aku terlalu takut. Aku terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering disakiti! Engkau tidak mengerti apa yang aku rasakan!”

Respon yang Tepat: Mzm. 27:4, 7-8
“Satu hal telah kuminta kepada TUHAN….Hatiku mengikuti firman-Mu: “Carilah wajah-Ku”; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN!”

Berserah kepada panggilan Allah: Jadilah seorang rumah doa!

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

