James Goll: Menjadi Supranatural Secara Alami (Jun 16, 2011)


Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh. Yoh. 3:8

Hilangnya Seni Memaku

Berapa banyak dari kita tahu bahwa angin bertiup kemana ia mau? Tentu saja benar. Kini perhatikan hal lain dari ayat ini yang berkata, “Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.” Hal ini berarti anda hendaknya juga menjadi seperti angin. Ya – hal ini berarti anda! Demikian juga setiap orang yang lahir dari Roh.

Karakteristik Angin

• Tidak dapat melihat angin

• Dapat merasakan angin

• Dapat mendengar suara angin

• Dapat mengamati efek dari angin

• Dapat memanfaatkan angin untuk tujuan yang berguna

Mengambil Pelajaran Dari Berlayar

Kita mengira jarak terpendek dari dua titik adalah suatu garis lurus. Tapi ingatlah, tidak ada jalan pintas di dalam Tuhan! Kita dapat mengambil beberapa tips untuk belajar bergerak di alam roh dari alam natural – dari seni berlayar.

Pertama, anda harus mengangkat layar kapal anda dan mengikuti arah angin, tetapi anda harus memiliki layar yang fleksibel. Anda harus belajar untuk mengatur ulang layar anda atau anda akan berakhir di tempat yang salah dengan arah satu garis lurus!

Untuk tiba di tempat tujuan anda, anda harus belajar untuk memiringkan layar anda di arah yang berlawanan dan hal ini akan menolong anda untuk melanjutkan gerakan maju anda. Seperti itulah hidup kita bersama Allah. Anda miring ke satu arah, lalu anda miring kea rah yang lain. Dalam hal berlayar, hal ini disebut tacking (memaku). Kita harus belajar untuk membiarkan angin membawa kita dan lalu berpindahlah kemana pun saat dibutuhkan.

Hal Supranatural Sejati Selalu Bersifat Personal

• Suatu Kesempatan Allah yang Seimbang

Supranatural yang sejati selalu bersifat personal, dan Allah suka memakai orang-orang biasa. Aliran supranatural Roh Kudus ini memberi anda wawasan atas kebutuhan orang lain dan memampukan anda untuk mengerti luka hati, kepedihan, kebutuhan dan sakit hati mereka. Lalu saat anda berdoa tentang hal yang disingkapkan kepada anda, mintalah hikmat dari Allah untuk menunjukkan kepada anda bagaimana menolong orang tersebut (Yak. 1:5-8). Allah akan menyingkapkan kepada anda kebutuhan apa yang diperlukan untuk menolong situasi orang lain.

Beberapa kualitas supranatural sejati dalam hidup orang percaya yang harus anda kenakan setiap hari adalah: kesucian, kekudusan, lemah lembut, belas kasihan, kerendahan hati, sopan, kesabaran, daya tahan, dan emosi diri yang baik. Semua sikap ini berasal dari dalam diri anda, dimana Roh Kudus berdiam; disebut dengan buah Roh. Maukah anda menjadi sama sepertiNya? Maukah anda mengikuti jejak kaki Yesus? Maukah anda agar citraNya terbentuk di dalam anda?

Jika jawaban anda dari semua pertanyaan ini adalah ya, maka yang anda butuhkan adalah mengijinkan bahan belas kasihan yang dibutuhkan untuk memenuhi hati anda. Yesus tersentuh oleh perasaan-perasaan anda yang lemah. Ijinkan Ia untuk memakai anda bagi tujuan-tujuan yang sederhana namun mulia.

• Bangkitnya Kebaikan Hati

Dunia membutuhkan bangkitnya kebaikan hati di masa sekarang. Kita tidak lagi membutuhkan “kegiatan kekristenan agamawi.” Kita membutuhkan orang-orang yang peduli untuk melakukan apa yang Yesus akan lakukan.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika umat Allah mulai memakai bakat dan talenta mereka yang dipercikkan dengan beberapa kreativitas untuk menunjukkan tindakan-tindakan kebaikan bagi orang lain. Tindakan kebaikan hati yang sederhana, yang berasal dari kasih Allah, akan memberi dampak besar dalam hidup orang banyak dan cara seseorang bereaksi dengan orang lain. Biarkan kebangkitan kebaikan hati muncul.

Kunci Menuju Aliran Supranatural

• Carilah Bejana yang Kosong! – Pelajaran dari II Raj. 4:1-4

Inginkah anda bergerak di tingkat supranatural yang lebih tinggi lagi? Carilah bejana-bejana yang kosong! Kita harus keluar dari cara-cara kita yang umum untuk mendapati bejana-bejana yang lapar ini. Mereka menanti-nantikan kita. Bacalah pelajaran iman dari II Raj. 4:1-4 dan praktikkan saat ini.

“Salah seorang dari isteri-isteri para nabi mengadukan halnya kepada Elisa, sambil berseru: “Hambamu, suamiku, sudah mati dan engkau ini tahu, bahwa hambamu itu takut akan TUHAN. Tetapi sekarang, penagih hutang sudah datang untuk mengambil kedua orang anakku menjadi budaknya.” Jawab Elisa kepadanya: “Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kaupunya di rumah.” Berkatalah perempuan itu: “Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak.” Lalu berkatalah Elisa: “Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. Kemudian masuklah, tutuplah pintu sesudah engkau dan anak-anakmu masuk, lalu tuanglah minyak itu ke dalam segala bejana. Mana yang penuh, angkatlah!'”

• Tuanglah Minyak Hingga! – Pelajaran dari II Raj. 4:5-7

Pernahkah anda berpikir akan kehabisan minyak? Masihkah anda menantikan pencurahan yang besar terjadi? Sekali lagi lihatlah firman Allah melalui nabi Elisa. Tuanglah minyak hingga! Pergilah perempuan itu dari padanya; ditutupnyalah pintu sesudah ia dan anak-anaknya masuk; dan anak-anaknya mendekatkan bejana-bejana kepadanya, sedang ia terus menuang. Ketika bejana-bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: “Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi,” tetapi jawabnya kepada ibunya: “Tidak ada lagi bejana.” Lalu berhentilah minyak itu mengalir.

• Carilah bejana-bejana yang kosong! Petunjuk: Bejana-bejana ini berada di luar dari zona nyaman anda! Anda harus keluar dari rumah anda untuk menemukan mereka.

• Jagalah tempat rahasia di dalam Allah dengan membangun hubungan intim denganNya!

• Pakailah apa yang anda miliki! Bagikan minyak anda!

• Kunci peningkatan anda dengan menuangkan hidup anda ke dalam hidup orang lain!

• Jangan cuma menantikan perjumpaan besar selanjutnya – setialah dengan hal-hal kecil yang anda miliki.

• Undanglah bejana kosong masuk dalam hidup anda dan tuanglah minyak ke dalamnya!

• Aliran supranatural akan terus mengalir selama bejana-bejana kosong ada di hadapan anda! Teruslah menuang hingga bejana-bejana ini penuh! Kebutuhan anda akan terpenuhi saat anda bergerak di dalam aliran supranatural! Persediaan bagi anda sedang dikirimkan!

Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: “Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak-anakmu.”

Bergerak Di Dalam Pengurapan

Pada bulan Juli 1983 Tuhan berkata kepada saya: “5 menit doa pengurapanKu akan jauh lebih efektif dibanding 5 jam konseling yang engkau lakukan di masa lalu.” Hal ini tidak berarti bahwa konseling tidak berarti. Tuhan hendak berkata mewakili satu prinsip kepada saya bahwa 5 menit pengurapanNya melalui anda dapat mempengaruhi hidup seseorang hingga ke tingkat yang lebih tinggi disbanding konseling yang anda lakukan.

• Opsi-opsi Untuk Bergerak Di Dalam Pengurapan

Terkadang, tampak ada opsi-opsi yang kita pilih untuk bergerak di dalam pengurapan: ketahuilah kapan untuk menyela dan kapan mengalir, dan di lain waktu kapan untuk menyingkapkan dan menantikanNya. Dalam hal ini kita harus belajar bergantung dan peka terhadap Roh Kudus.

Anda dapat melayani:

• Tanpa perasaan atau sensasi tetapi mendengarkan suatu perkataan. • Pengurapan melalui karunia-karunia Roh.

• Dari membaca Alkitab dan langsung melakukannya.

• Dengan melayani di dalam iman dan ketaatan semata.

• Dengan bergerak di alam kemuliaan atas hadirat Allah yang dinyatakan.

Semua opsi ini efektif dan berada di tempatnya masing-masing. Allah dapat memakai satu atau semua dari cara-cara ini. Kunci untuk mengerti hal ini adalah: Tak ada satu cara pun yang benar. Yang ada adalah anda harus tetap sensitif terhadap Roh Kudus.

• Cara-cara Hikmat Untuk Bergerak Di Dalam Pengurapan

1. Hal utama untuk belajar pengurapan adalah menyadari bahwa ini bukan tentang anda. Penginjil kesembuhan Mahesh Chavda menyamakan pengurapan seperti memakai baju menyelam, kulit kedua, yang dikenakan pada tubuh anda. Anda harus menyadari bahwa ini bukan tentang anda, tetapi Yesus Kristus. Kita masuk ke dalam diriNya dan Ia masuk ke dalam diri kita (Yoh. 15).

2. Pengurapan itu sederhana. Pengurapan berbicara tentang hubungan. Hal ini bertanya kepada Roh Kudus: Apa ini? Apakah aku harus mengatakannya? Bagaimana selanjutnya? Tanyalah lebih banyak dan lebih banyak lagi pertanyaan.

3. Saat pengurapan tampak akan terangkat, kerendahan hati adalah kunci untuk menerima kembali hadirat dan urapanNya. Rendahkan diri anda di hadapan Allah dan carilah wajahNya untuk menerima anugerah yang baru.

4. Kesetiaan adalah kunci utama untuk berjalan di dalam keinginan untuk melihat kesembuhan, pembebasan dan keselamatan terjadi. Setialah di dalam perkara-perkara kecil dan perkara-perkara besar akan diberikan kepada anda.

• Bagaimana Agar Pengurapan Bertambah?

1. Dengan bergaul bersama mereka yang mengasihi pengurapan. Lihat, amati dan belajarlah dari mereka yang mengetahui cara-cara Tuhan ini.

2. Dengan berada di lingkungan dan orang-orang benar – yang dipenuhi atmosfir iman

3. Dengan lapar dan haus akan hadiratNya. Satu hal yang kurindukan dan akan kucari…

4. Dengan mempelajari Firman Allah dan mendoakan janji-janji Tuhan kepada Bapa. Renungkan Firman Allah dan jadilah pelaku Firman!

5. Kesetiaan yang teguh dan tanpa henti. Yesus berkata bahwa ketekunan membawa penambahan.

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s