Tiffany Ann Lewis: Tanda-tanda Masa (Mei 1, 2011)


“Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. Luk. 21:25-26

Lewatkan bumi yang bergoncang dan laut yang bergelora…ada tanda lain yang harus kita cermati. Tanda ini bukanlah untuk mengingatkan kita akan bahaya yang akan segera terjadi, sebaliknya untuk meyakinkan hati kita kembali di tengah segala hal yang sedang terjadi saat ini. Hal ini telah disingkapkan sekitar ribuan tahun lalu di Mesir, namun masih berlangsung lebih lama lagi; dan bagi mereka yang memiliki mata…tanda ini masih dapat dilihat saat ini. Mari saya jelaskan.

Kata Yunani untuk “tanda” yang digunakan di dalam kitab Lukas adalah semeion (Strong’s #4592). Saya suka mencari padanan kata Ibrani yang sesuai dengan kata Yunani karena setiap huruf Ibrani memiliki kisahnya sendiri. Setiap huruf memiliki sebuah angka dan piktograf kuno. Karenanya, huruf melukiskan gambaran ilahi untuk kita renungkan.

Kata Ibrani yang sepadan dengan kata “tanda” adalah ‘owt (diucapkan, oat; Strong’s #226). Kata tanda/’owt adalah: suatu lambang, isyarat, target, standar, pertanda, mujizat, bukti dan/atau peringatan. Kata ini digunakan sebagai tanda di langit, tanda kuasa ilahi, dan juga tanda covenant.

‘Owt didapati di banyak ayat di dalam Alkitab, tetapi karena Paskah dan Minggu Kebangkitan yang baru saja dirayakan, saya rasa kita harus melihat Kel. 12:13. Disini kata ‘owt mewakili tulah final dan yang terakhir yang akan dikirimkan ke Mesir agar Firaun membiarkan umatNya keluar. Dikatakan, “Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.”

Kata ‘owt/tanda ini adalah darah anak domba yang dioleskan di pintu-pintu rumah bangsa Israel. Saat Allah melihat ‘owt/tanda, Ia akan melewatkan rumah itu, dan keluarga yang ada di dalamnya akan selamat dari tulah final dan kesepuluh, kematian anak sulung.

Kejadian yang luar biasa dalam sejarah ini memberi pertanda akan suatu kejadian yang lebih luar biasa lagi – yaitu saat Yesus Kristus, Anak Domba Allah, bersedia menyerahkan hidupNya bagi manusia, menderita dan mati di Kalvari dan bangkit kembali untuk menghapus dosa-dosa dunia. Dengan mengoleskan darahNya yang tercurah secara rohani di pintu-pintu hati kita, Allah melewatkan dosa-dosa kita dan mengaruniakan kepada kita hidup yang kekal. Mari kita lihat huruf-huruf Ibrani yang membentuk kata ‘owt/sign dan melihat apakah yang mereka singkapkan.

Apakah Tanda-Tanda Masa Itu?

Di Ibrani, kata untuk tanda adalah ‘owt (diucapkan “oat”; Strong’s #226) ‘Owt dieja alephvavtav. Kata ini hanya terdiri dari 3 huruf, tetapi melambangkan karya utama yang ilahi. Mari kita mulai dengan dua kata pertama dalam ‘owt/tanda, yaitu aleph.

Aleph: Aleph adalah huruf pertama dalam aksara Ibrani dan melukiskan pengorbanan dalam keheningan. Hal ini disebabkan oleh 2 alasan. Pertama, karena aleph tidak memiliki bunyi; secara harfiah berarti huruf sunyi. Kedua, huruf ini adalah piktograf kuno atas hewan yang dikorbankan, yaitu seekor lembu yang kuat. Dapatkah anda melihat bagaimana aleph melukiskan pengorbanan dalam keheningan?

Kita membaca penderitaan Mesias dalam Yes. 53:7, “Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.”

Dalam Why. 22:13, Yesus menjelaskan diriNya sebagai Alfa dan Omega, yang adalah huruf pertama dan terakhir dari aksara Yunani. Saya percaya Ia menunjukkan bahwa aksara dapat memberi pewahyuan akan diriNya yang sebenarnya. Yesus adalah Firman (aksara Ibrani) yang adalah manusia. Aleph dan Tav adalah huruf pertama dan terakhir dalam aksara Ibrani.

Berdasarkan pengertian ini, mari kita lanjutkan ke huruf ketiga dalam ‘owt, yaitu tav.

Tav: Tav adalah huruf terakhir dalam aksara Ibrani dan memiliki piktograf salib! Ya, betul… sebuah salib. Tav menyimbolkan kepemilikan, membuat suatu covenant, atau menyatukan dua hal bersama-sama, suatu target atau pertanda. Kita melihat tanda yang unik ini, tav (Strong’s #8420), dalam kitab Yehezkiel, sebagai suatu tanda ilahi yang ditempatkan di dahi seseorang untuk melindungi mereka.

Betapa dalam makna yang terdapat dalam kitab Keluaran saat kita melihat darah anak domba menjadi ‘owt/tanda yang akan melindungi bangsa Israel, dan di kitab Yehezkiel kita melihat tav tertulis di dahi sebagai tanda perlindungan. Namun demikian, ada sesuatu yang lebih dalamm bagi saya terkait hubungan antara kata yang kita pelajari (‘owt) dengan nama Allah yang ditandai di dahi hamba-hambaNya di kitab Wahyu. Pada masa Ibrani modern, ‘owt juga berarti “huruf” dan/atau “tanda tangan.” Huruf ini adalah huruf tunggal seperti aksara pada umumnya, A-Z, atau seperti huruf dalam aksara Ibrani, Aleph-Tav, tetapi juga digunakan untuk berarti tanda tangan.

Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya, dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka. Why. 22:3-4

Karena Salib Kristus, kita telah ditandai sebagai milik kepunyaanNya yang berharga (1 Pet. 2:9). Kita dimateraikan di dalam janji oleh RohNya (Ef. 1:13).

Akhirnya, tetapi jelas bukan yang terakhir, kita melihat huruf tengah, huruf yang dianggap sebagai pusat dari kata. Huruf tengah di dalam ‘owt adalah vav.

Vav: Huruf yang kecil ini adalah huruf keenam dalam aksara Ibrani. 6 adalah angka manusia, karena di hari ke-6 Allah menciptakan manusia. Piktograf bagi vav adalah paku. Menariknya, vav juga mewakili kata “dan,” oleh sebab itu, huruf ini adalah huruf hubungan karena kata “dan” menghubungkan pikiran dan frase kalimat saat kita menulis.

Dalam hal ini, di dalam studi kita untuk tanda/’owt, huruf vav terkait dengan huruf pertama kita (aleph) hingga huruf terakhir (tav) melalui sebuah paku. Karenanya, secara rohani, hal ini berarti, kita dapat melihat ‘owt/tanda ini sebagai pengorbanan dalam keheningan yang kuat yang muncul dalam wujud manusia dan terpaku di Salib untuk membawa covenant yang baru. Dengan menempatkan materai kepemilikanNya bagi umat kepunyaanNya dengan darah Anak Domba di pintu-pintu hati mereka, kita dapat berseru, Abba Bapa.

Dapatkah sesuatu memisahkan kita dari kasih Kristus? Apakah hal ini berarti Ia takkan lagi mengasihi kita jika kita memiliki masalah atau terkena bencana, atau dianiaya, atau lapar atau kedinginan, atau dalam bahaya atau terancam maut? Tidak! Para kekasih, lihatlah tanda itu. Maut takkan dapat memisahkan hidup, tidak juga hidup, malaikat, dan iblis. Ketakutan kita bagi saat ini, kekhawatiran akan hari esok, dan bahkan kuasa Neraka takkan dapat menjauhkan kasih Allah.

Kita semua berusaha mencari tanda akan sesuatu yang aman yang kepadanya kita dapat bergantung di hari-hari yang kita jalani saat ini. Tetapi, kita memiliki tanda-tanda masa ini. Bukan tanda ketakutan, melainkan tanda Pengharapan. Lihatlah darah Anak Domba Allah! Sungguh suatu tanda ajaib untuk kita lihat saat dunia tampaknya berada di luar kendali. Bumi dapat bergoncang, badai dapat menerpa, hati kita dapat menjadi gemetar, tetapi di tengah aniaya, kita memiliki tanda janji ini. Kita adalah milik Allah. Tak satupun dapat mengambil kita dari tanganNya. Amin dan Amin.

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s