James Goll: Wanita Dalam Kepemimpinan – Biarkan Wanita Berbicara! (Mar 18, 2011)


Diberkatilah anda semua di dalam Yesus Kristus! Baru-baru ini saya mendapat kehormatan untuk melayani Women on the Frontlines Extreme Conference Tahunan Ke-14 di Phoenix, AZ bersama Patricia King, Gwen Shaw, Heidi Baker, Beth Alves, Sharon Stone, Stacey Campbell dll. Saya memberi perkataan strategis berjudul “Let the Women Speak!”

(Di bawah ini adalah beberapa catatan yang dibawakan oleh James saat konferensi Let the Women Speak yang diambil dari Prophetic Maturation Study Guide yang telah dipersiapkan olehnya dan isterinya, Michal Ann, beberapa tahun lalu. Kebenaran tak lekang oleh waktu dan pesan ini bahkan menjadi jauh lebih relevan di masa kini dibanding di masa lalu!)

Tuntunan Perkenalan

Perhatian dalam Urutan Alkitabiah – Ayat Utama:

I Kor. 11:5: Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat di hadapan umum (mengajar, menyatakan kesalahan, menegur, menasihati, atau memberi penghiburan) dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.

1. Prioritas pertama bagi setiap pria dan wanita ialah memiliki hubungan yang baik dengan Allah.

2. Prioritas kedua bagi setiap pria dan wanita ialah memiliki hubungan yang baik dengan mereka yang memiliki otoritas, termasuk mereka yang memimpin di dalam Gereja.

Kebebasan Alkitabiah bagi Pria dan Wanita – Ayat-ayat Utama:

Kis. 2:17-18 …Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat…Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat (memberi nasihat ilahi dan menyatakan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan, khususnya yang berkaitan dengan Kerajaan Allah).

I Kor. 14:39: Karena itu, saudara-saudaraku, usahakanlah dirimu untuk memperoleh karunia untuk bernubuat (diilhami untuk berkhotbah dan mengajar dan untuk menginterpretasi kehendak dan tujuan Allah)…

1. Tujuannya bukanlah demi membuat pengecualian dalam peraturan, melainkan untuk melahirkan kemerdekaan dan persamaan dimana tak ada larangan yang dipaksakan.

2. Renungan: Akankah Pimpinan Agung kita hanya memakai setengah dari jumlah prajuritnya?

3. Statistik menunjukkan bahwa 60% dari semua anggota gereja adalah wanita. Tidak hanya itu, tetapi 80% dari semua pendoa syafaat masa sekarang adalah wanita!

4. Hadirnya dilema! Apa yang sejujurnya wanita ingin lakukan adalah untuk menjadi “profetis,” tetapi tampaknya tak ada tempat bagi mereka. Kita membutuhkan pria dan pemimpin yang dengan murah hati memperluas undangan Alkitabiah bagi wanita untuk berpartisipasi seutuhnya di dalam pelayanan dan kepemimpinan bersama-sama mereka dan melepaskan pengurapan ilahi yang luar biasa ini. Suatu undangan ilahi selayaknya diperluas!

Melayani Kaum Wanita

Wanita yang Dianggap Sebagai Nabiah Di Dalam Alkitab:

1. Kel. 15:20 – Miryam, sang nabiah, saudara perempuan Harun (satu dari ketiga pemimpin utama bersama-sama dengan Musa dan Harun).

2. Hak. 4:4 – Debora, seorang nabiah dan seorang hakim.

3. II Raj. 22:14-20 – Hulda, sang nabiah dan seorang pengurus pakaian.

4. Yes. 8:3 – Isteri Yesaya, sang nabiah, yang namanya tidak diungkapkan.

5. Luk. 2:36-38 – Hana, sang nabiah yang berdoa, bersama Simeon sang pelihat, menunjukkan bakti mereka saat didatangi oleh Yusuf dan Maria di saat Yesus berumur 8 hari. (Seorang pria/ wanita, seorang pelihat/nabiah: distribusi seimbang dengan ekspresi yang unik dan kehadiran profetik yang sama).

6. Luk. 1:39-55 – Elisabet dan Maria. Pertukaran di antara kedua wanita yang takut akan Tuhan ini menghasilkan puji-pujian yang penuh sukacita dan bernubuat perihal destiny bayi yang dikandung Maria.

7. Kis. 21:8-9 – Filipus, sang pemberita Injil, yang memiliki 4 anak perempuan yang bernubuat (beberapa terjemahan menyebut, “yang adalah nabiah”).

Contoh Peranan Wanita Alkitabiah Lainnya:

1. Ester: Ratu yang rohani yang, melalui doa syafaatnya, menyelamatkan bangsa Yahudi.

2. Abigail: I Sam. 25 – Seorang pengacara yang membela kasusnya dengan meminta kemurahan Daud demi suaminya.

3. Yael: Hak. 4 – Ia mengambil patok kemah, diambilnya pula palu, mendekatinya diam-diam, lalu dilantaknyalah patok itu masuk ke dalam pelipis Sisera sampai tembus ke tanah (Debora bernubuat bahwa Tuhan akan menyerahkan nyawa Sisera ke tangan Barak).

4. Ams. 31 Wanita: Ia terlibat dalam urusan rumah tangga dan hal-hal bisnis, jual-beli rumah, melayani kaum miskin, dll.

5. Wanita di Sumur: Yoh. 4 – Dianggap oleh banyak orang sebagai penginjil pertama dalam Alkitab saat ia pergi memberi kabar baik tentang Kristus (Yoh. 4:29).

6. Febe: Rom. 16:1 – Seorang diaken wanita yang mencuci kaki para orang-orang kudus.

7. Priskila dan Akwila: Kis. 18:26 – Mereka kemungkinan adalah suami-isteri yang adalah pengajar, menjelaskan Firman Allah dengan akurat.

8. Lidia: Kis. 16:14-15 – Ia tercatat sebagai orang yang pertama kali berubah menjadi penganut agama Kristen di seluruh daratan Eropa.

9. Maria Magdalena: Mat. 28:1-10 – Wanita yang pertama kali datang ke kubur Yesus, yang pertama mendengar kalimat “Ia telah bangkit,” dan yang pertama mengabarkan kebangkitanNya.

Melangkah Maju

Membangun Rasa Aman:

1. Letakkan krukmu!

Allah kini membuang penyangga dan kruk yang salah yang kita gunakan. Ia pertama-tama ingin berhubungan dengan setiap kita sebagai anak laki-laki dan anak perempuan – tidak melalui orang lain dan tidak semata-mata seputar hal pemberian karunia.

2. Kita memiliki seorang Bapa!

Ijinkan Ia mengasihi anda dan anda berbalik kepadaNya. Ijinkan persekutuan pribadi denganNya menjadi prioritas utama anda!

Menghancurkan Intimidasi:

Ibr. 12:1-2: Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban (yang tak ada gunanya) dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun (tangkas dan cerdik) dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang (tidak berpaling dan) tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan (dan kedewasaan), yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

Rom. 8:15: Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

I Yoh. 4:18: Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna (utuh dan dewasa) melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam  (kesempurnaan) kasih.

Anda harus menghancurkan roh perbudakan dan rantai-rantai perasaan takut terhadap manusia! Kita tak seharusnya memiliki belas kasihan terhadap musuh – karena ia pun tak berbelas kasihan terhadap kita.

Nasihat Sebagai Kesimpulan: Berdayakan Ekspresi Unik Anda

Kita harus berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain dan berhenti memakai tongkat pengukur orang lain pada diri kita. Mata kita harus tertuju kepada Yesus dan tujuan kita adalah untuk melakukan dan menjadi apapun yang membawa kesukaan bagiNya. Setiap kita ditanam di dalam taman yang memiliki beragam jenis bunga. Setiap bunga memiliki warna, parfum, dan musim mekarnya sendiri. Kehidupan pribadi kita, saat kita hidupi hingga sepenuh-penuhnya, melepaskan aroma bagi kita yang unik bagi Allah. Campuran aroma individu ini mempesona dan menarik hadirat Roh untuk berjalan menyertai kita.

Baik kita pria ataupun wanita bukanlah masalah utama. Apakah anda menjadi bejana yang cukup unik yang telah diciptakan Allah bagi hidup anda? Melangkahlah keluar dari batasan diri yang anda tetapkan sendiri dan jadilah manusia profetik yang telah lama Allah rindukan untuk terjadi dalam hidup anda!

Banyak orang yang mengaku Kristen yang berpikir bahwa tugas mereka adalah untuk menjadikan orang Kristen lainnya seperti mereka. Ini adalah rencana manusia, bukan rencana Allah. Di dalam Gereja Tuhan tersedia cukup ruangan bagi karakter-karakter yang bervariasi seperti halnya bunga-bunga di taman. Di dalam taman rohaniNya terdapat berbagai jenis bunga.

Biarkan aromaNya yang unik muncul dari dalam diri anda!

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s