James Goll: Suatu Kebangkitan yang Besar Sedang Terjadi! Termasuk Anak-anak Muda! (Sep 11, 2010)


Ringkasan di bawah ini diambil dari Prayer Storm Study Guide saya dan sesuai dengan bab yang terkait dalam buku saya Prayer Storm. Ringkasan ini berisi 4 tema besar yang Roh Kudus nyatakan kepada saya akan terjadi: 1) Kebangkitan di dalam Gereja, 2) Doa Bagi Israel: Semua Keturunan Abraham, 3) Kebangkitan Anak-anak Muda Terbesar yang Pernah Dilihat Dunia dan 4) Intervensi Krisis Melalui Doa Syafaat.

Doa Bagi Kebangkitan Besar Lainnya – Anak-anak Muda

Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki & perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yg tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu. Yoel 2:28-29

Saatnya Telah Tiba Bagi Kebangkitan Besar yang Lain

Di  tahun 1967, kebangkitan anak-anak muda yang dikenal sebagai Jesus Movement muncul, menyapu seluruh negeri, meledak di kampus-kampus dan cafe-cafe.

Pembaharuan Katolik karismatik, salah satu kegerakan terbesar dalam sejarah neo-pentakosta, dimulai di tahun yang sama dan melayani ribuan orang-orang Katolik dan Protestan ke dalam perjumpaan yang baru kepada Yesus, termasuk ke dalam baptisan Roh Kudus.

Di tahun 1967 juga, Yerusalem kembali berada di bawah kendali orang Yahudi dan negara Israel. Hal ini menandai bergantinya era; dispensasi masa-masa non-Yahudi mulai berubah ketika Yerusalem akan menjadi fokus aktivitas Tuhan di bumi di hari-hari terakhir.

Semua hal ini memiliki arti yang penting bagi kita di saat ini, lebih dari 40 tahun kemudian, karena kita membutuhkan kegerakan besar lainnya, khususnya kebangkitan anak-anak muda, untuk melihat rancangan Allah menjadi nyata.

Revolusi – Selalu Dimulai Oleh Para Dewasa Muda

Revolusi selalu dimulai di kampus-kampus. Hampir setiap revolusi – baik atau buruk – dimulai oleh para mahasiswa. Mulai dari Marxisme, komunisme, dan Nazisme hingga Moravians, kebangkitan Azusa Street, dan gerakan Jesus People, semuanya dimulai oleh para mahasiswa atau memiliki dampak yang besar bagi mahasiswa, yang haus akan perubahan dan bersedia mengorbankan hidup mereka demi terjadinya perubahan.

1. Kampus adalah tempat dimana pemimpin-pemimpin masa depan hidup dan dilatih.

2. Lebih dari 550,000 mahasiswa internasional berkuliah di universitas-universitas Amerika dan lebih dari 600,000 mahasiswa berkuliah di universitas-universitas asing.

3. Statistika menunjukkan bahwa lebih dari 77% orang Kristen memutuskan menyerahkan diri kepada Kristus sebelum berusia 21.

Pelayanan kampus, tipe Cambridge: Di tahun 1799, gerakan penginjilan Roh Kudus dimulai di King’s College, Cambridge, Inggris. Pada tahun 1877, mahasiswa dari 17 jurusan di Cambridge memebentuk Cambridge Inter-Collegiate Christian Union (CICCU), yang akhirnya kian tertarik di bidang keselamatan dan misi. Kampanye penginjilan yang dipimpin oleh D.L. Moody dan Ira Sankey menghasilkan kenaikan yang nyata pada pendaftaran di sekolah-sekolah teologia dan keterlibatan di dalam misi-misi, termasuk meluncurkan program “Cambridge Seven” ke Cina, dipimpin oleh C.T. Studd, yang sebelumnya dikenal sebagai pemain kriket terkenal. Lebih dari seabad kemudian, CICCU masih eksis dan membantu pembentukan organisasi seperti InterVarsity, Campus Crusade for Christ, dan Navigators.

Kebangkitan Besar Pertama dan Kedua: Kebangkitan Besar Pertama di Amerika Utara dan Eropa dimulai oleh lulusan Yale University bernama Jonathan Edwards dan oleh mahasiswa Oxford, John Wesley dan George Whitefield. Kebangkitan Besar Kedua dicetuskan oleh Timothy Dwight, cucu dari Jonathan Edwards, di Yale University. Setelah khotbahnya di tahun 1797 bagi mahasiswa Yale, hampir setengah dari mahasiswa Yale segera menyerahkan diri kepada Kristus.

“Haystack Five”: Samuel Mills adalah seorang mahasiswa di tahun pertama pada Williams College di Massachusetts di tahun 1806, saat ia bertemu 4 orang teman untuk berdoa bagi kebangkitan dan misi-misi dunia. Ketika badai hujan terjadi, mereka berlindung di bawah tumpukan jerami dan terus berdoa (karenanya dikenal sebagai “Haystack Five”). Saat hujan reda, Mills bangkit, memukul kepalan tangannya, dan berkata, ‘Kita dapat melakukannya ini, jika kita mau!'” Kelima mahasiswa muda ini melangkah keluar dengan iman dan tidak hanya memulai kegerakan mahasiswa pertama di seluruh negeri, namun juga memulai 6 badan misi dari Amerika.

Kegerakan Sukarelawan Mahasiswa: Di tahun 1886, anak muda berusia 20-an bernama Luther Wishard, pemimpin YMCA yg baru ditunjuk, mendengar kisah Haystack Five. Terinsipirasi oleh kisah ini, ia bertekad agar terjadi kebangkitan dengan visi yang sama dan akhirnya mendirikan Kegerakan Sukarelawan Mahasiswa, yg akhirnya menjadi gerakan misi terbesar sepanjang masa.

Selama generasi berikutnya, mahasiswa dari berbagai kampus di AS membaktikan diri bagi “penginjilan dunia bagi generasi ini.” Lebih dari 20,000 mahasiswa pergi ke daerah misi yang asing, dan lebih dari 80,000 mahasiswa lainnya secara pribadi berkomitmen di dalam doa dan mendukung dari segi keuangan bagi mereka yang diutus pergi.

Evan Roberts dan Welsh Revival di tahun 1904: Pada usia 13 tahun, Evan Roberts mulai mencari Allah. Saat ia berusia 26 tahun, kebangkitan terjadi di kota kelahirannya, Wales. Ia mengajar orang-orang 2 doa sederhana, “Curahkan RohMu saat ini dalam nama Yesus Kristus,” dan, “Curahkan RohMu saat ini lebih lagi dalam nama Yesus Kristus.” Roh Allah tercurah dengan begitu dahsyatnya sehingga 100,000 orang mengalami lahir baru.

Janji-janji Profetik Bagi Kebangkitan Anak-anak Muda yang Dahsyat

1) Bacalah Alkitab anda khususnya tentang dewasa muda. Anda dapat melihat betapa siapnya Allah untuk terlibat bagi generasi ini demi rencana-rencanaNya – bahkan sebelum kampus dan universitas hadir. Nubuatan Alkitabiah akan kedatangan Kristus pertama dan kedua tidak dibatasi oleh kitab-kitab profetik dari Perj. Lama. Sejumlah besar nubuatan ditemukan di kitab Mazmur.

Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.” Tongkat kekuatanmu akan diulurkan TUHAN dari Sion: memerintahlah di antara musuhmu! Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun. Mzm. 110:1-3

Tugas ini kuberikan kepadamu, Timotius anakku, sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan tentang dirimu, supaya dikuatkan oleh nubuat itu engkau memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni. 1 Tim. 1:18

2) Saat nubuatan (baik Alkitabiah ataupun pribadi) diabaikan, gerakan doa melemah. Perkataan profetik menguatkan ketaatan hati kita di dalam doa dan ketaatan, memberi fokus yang berarti.

A. Pada tahun 1975, nabi Bob Jones mengalami pertemuan pertama dari serangkaian pertemuan dengan para malaikat yang berbicara tentang pencurahan Roh Kudus yang dicirikan melalui doa profetik. Di tahun 1984, Tuhan menunjukkan padanya doa profetik yang harus digabung dengan “belas kasihan dan penyembahan” agar menjadi lengkap. Kombinasi dari urapan-urapan ini akan menghasilkan beberapa hal: kebangkitan Gereja, kuasa penginjilan di misi-misi dunia, keadilan dalam masyarakat, kantung-kantung belas kasihan (“kota-kota perlindungan”), dan doa syafaat di seluruh dunia bagi Israel. Antara tahun 1975 dan 1983, Bob diberi lebih dari 100 pewahyuan profetik tentang kegerakan orang-orang muda di seluruh dunia.

B. Di tahun 1995, saya menerima mimpi yang kuat dan penglihatan dimana saya melihat stadium-stadium dipenuhi dengan orang-orang muda yang memuji Allah. Lalu saya mendengar kalimat yang keras ini, “Stadium-stadium akan terisi penuh seperti keluar dari perut kegerakan Promise Keepers yang akan memuncurkan Youth Extravaganza yang akan menggoncang bangsa-bangsa.” Saya menanti-nanti terjadinya penggenapan perkataan ini.

Hukum Doa Siang dan Malam

“Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka? Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka….” (Luk. 18:7-8)

Mengapa doa dan penyembahan 24/7 harus bangkit hari-hari ini?

1. Doa dan penyembahan 24/7 dilakukandi Surga dan, karenanya, harus dilakukan juga di bumi.

2. Doa dan penyembahan 24/7 melepaskan keadilan Allah di bumi.

3. Doa dan penyembahan 24/7 memberi kuasa untuk melaksanakan Amanat Agung (Mat. 28:19).

4. Doa dan penyembahan 24/7 menghalangi rencana-rencana si jahat.

5. Doa dan penyembahan 24/7 melepaskan terobosan kebangkitan.

6. Doa dan penyembahan 24/7 mempersiapkan jalan bagi kedatangan Kristus yang kedua.

Peranan doa dalam kebangkitan mahasiswa: Untuk meengerti kebangkitan, kita harus mengerti peranan doa dalam sejarah kebangkitan. J. Edwin Orr, sejarahwan kebangkitan terkenal, berkata, “Orang-orang muda di dalam kelompok-kelompok doa yang dipimpin oleh mahasiswa berada di baris depan di hampir setiap kebangkitan yang terjadi.” Bahkan Moravians turut ambil bagian di dalamnya. (Saat Count Nicolas Ludwig von Zinzendorf lulus setingkat SMU di usia 16 tahun, ia memulai kelompok doa mahasiswa kurang dari 7 mahasiswa yang berbeda, dan ia melanjutkan disiplin doanya ini saat ia menjadi mahasiswa di Univ. of Wittenberg dari tahun 1716 – 1719).

Kedewasaan dan Kekuatan

Kita harus bergerak di dalam roh Elia, yang berarti, kita harus berkata, “Tuhan, berikan padaku seorang anak lelaki atau anak perempuan rohani.” Anak-anak muda di “generasi tanpa kasih bapa” ini harus mencari orangtua-orangtua rohani yang mendorong dan berdoa bagi mereka, menolong mereka mendapatkan hasrat dan destiny yang Allah berikan bagi mereka.

Orang-orang yang lebih tua harus memberkati anak-anak muda dengan waktu, hikmat, pengetahuan, kekuatan, visi mereka, dan setiap hal-hal yang baik, memperlakukan mereka seperti tanaman yang tumbuh menjadi besar dan seperti “tiang-tiang penjuru,” memberi penilaian yang baik atas nilai-nilai hidup mereka dan menolong mereka memimpikan masa depan mereka di dalam keluarga Allah. Mereka harus menolong anak-anak muda ini di dalam hal-hal yang praktis dengan menyediakan sumber daya yang diperlukan dan melepaskan otoritas bagi mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas yang Allah berikan kepada mereka. “Semoga anak-anak lelaki kita seperti tanam-tanaman yang tumbuh menjadi besar pada waktu mudanya; dan anak-anak perempuan kita seperti tiang-tiang penjuru, yang dipahat untuk bangunan istana!” (Mzm. 144:12).

Ringkasan

Kegerakan Allah selalu melibatkan generasi yang lebih muda. Setiap kita harus berdoa bagi kebangkitan dan pembaharuan di antara orang-orang muda.

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s