Chuck Pierce: H. 18: Turun Dari Treadmill Anda dan Masukilah Bidang Pencegahan (Feb 18, 2010)


Kunci untuk mengalahkan setiap strategi musuh adalah disiplin dan pencegahan. Pencegahan adalah perlawanan yang paling penting dalam masa-masa alkitabiah. Banyak hukum-hukum yang Allah ciptakan di masa-masa itu sebenarnya merupakan bantuan untuk mencegah dan memerangi berbagai sakit-penyakit. Diet adalah salah satu bidang terpenting dalam kesehatan, dimana kita mendapati hukum-hukum tentang diet (Im. 11). Anggur juga dipakai untuk menolong mengurangi rasa sakit dan tubuh yang lemah (1 Tim. 5:23). Kita juga dapat menemukan kegunaan obat salep di masa-masa alkitabiah untuk penyembuhan (Yes. 1:6). Yakobus menginstruksikan kombinasi fungsi dari minyak, pengakuan dosa dan otoritas rohani untuk memberi kesembuhan (Yak. 5:14).

Di dunia yang penuh dengan stimulasi kimiawi dan stres yg berlebihan, sungguh keajaiban setiap kita tetap dalam kondisi sehat. Stres memiliki berbagai dampak bagi tubuh kita – baik fisik dan rohani – bahwa tanpa Tuhan sebagai kekuatan kita, mustahil bagi kita untuk hidup di dunia ini. Yesus berkata bahwa kita tinggal di dalam dunia, namun tidak berasal dari dunia (Yoh. 17:11, 14). Apakah kita membutuhkan dokter? Ya, kita membutuhkan siapapun yang memiliki spesialisasi dalam pemahaman. Para dokter telah dilatih untuk memahami dinamika dunia yang dapat memberi kita hikmat bagaimana caranya hidup di dalam dunia ini.

Kebanyakan para dokter memahami siklus. Jika para dokter medis mulai mengambil pendekatan alkitabiah terhadap seseorang – yaitu dokter yang melihat seseorang sebagai suatu keutuhan – mereka akan mampu menemukan penyebab dari masalah orang itu dan tidak hanya menolong orang itu, tapi juga menolong untuk mencegah penyakit di masa depan. Dengan keahlian dokter dalam hal pencegahan dan obat-obatan yang semakin maju, setiap kita dapat membalikkan defisiensi yang menciptakan alur kerusakan. Mengapa kita membutuhkan para dokter? Karena mereka dapat memvalidasi apa yang sedang Allah lakukan dalam dunia yang skeptis ini.

Salah satu buku favorit saya adalah Dr. Gallagher’s Guide to 21st Century Medicine: How to Get Off the Illness Treadmill and on to Optimum Health. Di buku ini, Dr. Gallagher berkata, “Tubuh ialah suatu sistem luar biasa yang dilengkapi dengan suatu kemampuan sejak lahir untuk meraih keseimbangan dan kesehatan. Setiap kita, di dalam diri kita, memiliki kemampuan untuk bekerja bersama, dan memelihara tubuh pemberian Allah ini.” Ia menyarankan suatu diet yg lebih sehat, suplemen herbal dan bergizi, mengenali dan menyisihkan alergi makanan tersembunyi dan kelemahan kimiawi, suatu program detoksifikasi sederhana untuk menyingkirkan racun-racun dari tubuh, manipulasi tulang, dan mengikuti peraturan-peraturan kesehatan dengan bijak.

Ia juga memberi instruksi bagaimana menghancurkan suatu siklus lama, atau “treadmill,” yg ia definisikan sebagai: Sesuatu yang anda jalani atau lalui yang tidak berujung kemanapun. Suatu penyakit treadmill ialah sesuatu yang menjerat anda di dalam jaring diagnosa, tes, prosedur dan resep tiada akhir dan tidak membawa anda kemanapun, atau malah membuat anda semakin sakit …..Begitu anda memakai treadmill, mungkin anda mendapat beberapa keringanan temporer dari gejala penyakit. Tapi terlalu sering penyebabnya diabaikan, sehingga penyakit anda bertambah buruk. Sementara itu, pengobatan yang digunakan untuk menekan gejala penyakit kerap menimbulkan efek samping dan gejala baru. Dr. Gallagher menyarankan untuk menemukan akar penyakit dan menghancurkan siklus lama anda.

Doa saya ialah agar setiap kita turun dari treadmill yang menawan kita. Jika kita berada di atas “treadmill,” kita hanya dapat melihat dari perspektif treadmill. Saya perkatakan bahwa setiap kita menghancurkan siklus lama dan mulai berlari dan melompat di suatu area kebebasan yang luas.

Baca Ul. 11. Renungkan 1 Tim. 5:23. Hafalkan Yak. 5:14.

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

One Response to Chuck Pierce: H. 18: Turun Dari Treadmill Anda dan Masukilah Bidang Pencegahan (Feb 18, 2010)

  1. peisilia says:

    Kakak.. ternyata buat blog.. hahahah… like this.. about trade mill. >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s