James Goll: Apakah Karunia Melihat Di Dalam Roh Tersedia Bagi Anda? Temukan Karunia Pelihat Di Dalam Anda! (Feb 5, 2010)


Minggu ini saya ingin memberi anda beberapa pengajaran profetik terkait dengan dunia pelihat. Saya yakin anda akan mendapat manfaat dari pengajaran ini. Ini adalah ringkasan dari studi The Seer 40 Day Devotional Journal and Discovering the Seer in You.

Diberkatilah setiap anda yg mendengar dan memperhatikan suara Tuhan. Ketahuilah bahwa Tuhan memiliki rancangan-rancangan yang besar bagi tahun 2010 anda! James W. Goll

Dunia Pelihat

Perjalanan pribadi saya ke dalam dunia pelihat berjalan bertahap. Beberapa tampak “terlahir dengan karunia ini” – seperti Bob Jones, John Paul Jackson dan yang lainnya di jaman dan masa kita ini. Sedangkan bagi yang lain, muncul setahap demi setahap, seperti saya, yang berlangsung di dalam suatu periode bulan dan tahun.

Dalam dunia profetik, saya mendengar terlebih dulu di dalam Roh sebelum saya melihat. Saya merasa nyaman dengan dunia ini dan suara Tuhan tercurah ke dalam karunia nubuat. Lalu, saya menyadari bahwa dimensi perasaan telah diaktifkan dalam hidup saya sepanjang waktu – saya hanya harus cukup peka dan tergugah dibanding orang lain – khususnya kaum pria. Namun tidak ada ajaran agar sang “perasa” terus diam dalam suatu tingkat tertentu dan saya mendapati bahwa ekspresi utamanya adalah beban dari Tuhan di dalam ruang doa.

Bagi saya, dunia pelihat terungkap di setiap saat seperti mekarnya sebuah bunga – mekar di bawah sinar matahari begitu lambatnya. Akhirnya, khususnya dalam atmosfir penyembahan, saya dapati bahwa Tuhan memberi saya baik penglihatan internal maupun eksternal. Begitu banyak mimpi dan menjadi alat yang sering Tuhan gunakan untuk berbicara kepada saya. Dikelilingi dengan kultur pelihat, bergaul dengan orang-orang yg memiliki karunia, mempertajam rasa lapar, karunia dan panggilan saya. Lawatan jarang terjadi pada saya, namun saya dapat memasuki musim-musim dimana saya banyak kali mengalami pertemuan dengan Allah yang kudus dan tidaklah jarang sama sekali.

Bertahun-tahun saya mengajar bahwa jalan-jalan Roh seperti mereka yang berjalan menaiki tangga dan mereka yang menaiki tempat tinggi dalam elevator super cepat. Bagi saya – saya menaiki satu tangga di satu waktu dalam sebagian besar hidup saya. Namun bagi orang lain – seperti isteri saya, Michal Ann, ia menaiki elevator yg super cepat selama 9 bulan berturut-turut ketika Surga turun ke bumi dan semuanya tak pernah sama lagi! Namun ketahuilah: tak masalah apakah anda menaiki anak tangga atau naik elevator ekspres. Berjalan saja di dalam Roh! Lihat bagaimana Ia menyingkapkan jalan-jalanNya – bahkan dunia pelihat, bagi anda.

Di bawah ini adalah ringkasan pada Hari 10-12 dari The Seer 40 Day Devotional Journal. Saya percaya pengajaran bahasa Yunani dalam Perj. Baru tentang kondisi penglihatan ini akan menolong anda. Teruskan ajaran ini pada orang lain. Ingat, anda pun dapat berjalan di dalam mimpi dan penglihatan – itu adalah hak anda sebagai Orang Percaya dalam Yesus.

Keanekaragamana Kondisi Penglihatan

Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya. – 1 Kor. 12:11

Aku harus bermegah, sekalipun memang hal itu tidak ada faedahnya, namun demikian aku hendak memberitakan penglihatan-penglihatan dan penyataan-penyataan yang kuterima dari Tuhan. – 2 Kor. 12:1

Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus. – 1 Pet. 1:13

Hanya ada satu Roh Kudus, namun Ia bekerja dalam berbagai cara. Banyak karuni rohani, namun hanya satu pemberinya: Roh Kudus Tuhan. Urapan profetis ternyata di dalam banyak cara, namun mereka semua berasal dari Roh yang sama.

Keanekaragaman yang sama oleh satu Roh ini juga berlaku bagi pengalaman dan kondisi penglihatan. Faktanya, Perj. Baru memakai berbagai kata Yunani untuk menyatakan kondisi penglihatan yang berbeda-beda. Tak satupun dari kondisi ini “lebih tinggi” atau “lebih baik” ketimbang kondisi lainnya. Mereka benar-benar berbeda, dan Roh Kudus memakai mereka dengan orang yg berbeda untuk tujuan yg berbeda. Mari kita tinjau kondisi penglihatan ini.

Onar:

Di Yunani, onar adalah kata yang umum bagi “mimpi.” Kata ini merujuk pada jenis mimpi yang kita alami saat tidur. Mimpi harian adalah penglihatan di alam nyata karena pikiran kita menghasilkan gambar-gambar yg kita “lihat” saat kita terlelap. Seperti yg Alkitab jelaskan, Allah dapat dan memakai mimpi-mimpi umum ini untuk berbicara pada orang-orang biasa.

Enupnion:

Seperti onar, kata enupnion merujuk pada suatu penglihatan atau mimpi yg terjadi saat kita tidur. Perbedaannya, enupnion menekankan pada suatu kualitas yang mengherankan yang terkandung di dalam mimpi itu.

Horama:

Horama adalah istilah umum lainnya bagi penglihatan, yg berarti “yang terlihat.” Horama membawa perasaan tertentu akan suatu “tontonan, pemandangan, atau penampakan.” Contoh-contoh dalam Perj. Baru biasanya menghubungkan kata ini dengan membangunkan penglihatan. Anda dapat menjadi calon bagi penglihatan horama. Katakan pada Allah keinginan anda untuk menjadi orang yang menerima roh wahyu dan penglihatan. Mintalah!

Horasis:

Horasis terjadi ketika Roh yang diam di dalam kita mengawasi melalui “jendela” mata kita dan mengijinkan kita untuk melihat apa yang Ia lihat. Terkadang kita melihat di alam fisik atau alam roh dan terkadang kedua-duanya. Ketika mata rohani kita terbuka, terkadang mata fisik kita dapat melihat ke dalam alam roh. Kita dapat melihat gambar rangkap dua seperti gambar penglihatan rohani yg berlapis dengan gambar yang kita lihat dengan mata fisik kita.

Optasia:

Kondisi penglihatan lainnya yang terdapat dalam Perj. Baru ialah kata optasia – yang secara harfiah berarti “visualitas,” atau dalam bentuk konkrit, “apparition (sesuatu yang muncul dengan tiba-tiba).” Optasia memiliki konotasi yg sangat spesifik dari penyingkapan-diri atau membiarkan diri kita terlihat. Kata ini selalu terjadi dalam konteks seseorang yang melihat tokoh ilahi/ rohani.

Ekstasis:

Ekstasis, berasal dari kata Inggris “ecstasy,” yang berarti kekaguman, keheranan, atau tak sadarkan diri. Secara harfiah, ekstasi berarti “pemindahan pikiran,” atau “kebingungan.” Saat diterjemahkan sebagai “tak sadarkan diri,” ekstasis merujuk pada seseorang yang tertangkap Roh sehingga ia menerima pewahyuan-pewahyuan yang Tuhan tujukan baginya.

Apokalupsis:

Dengan apokalupsis, kita menuju kata yg paling banyak digunakan dalam Perj. Baru untuk menggambarkan kondisi penglihatan. Apokalupsis secara harfiah berarti “penyingkapan,” “penampakan” atau “kedatangan,” “manifestasi.” Kata ini khususnya membawa perasaan akan sesuatu yang dahulu tersembunyi namun kini telah terungkap atau tersingkapkan.

Egenomehn ehn pneumati:

Frase egenomehn ehn pneumati secara harfiah berarti “masuk ke dalam Roh,” suatu kondisi dimana seseorang dapat melihat penglihatan dan diinformasikan atau menerima perkataan langsung dari Roh Tuhan. Disitulah terkandung rahasia bagaimana kita mendapatkan wahyu. Semakin kita dipenuhi oleh Roh dan berjalan di dalam Roh, semakin kita menjadi satu dengan Roh, dan mata kita semakin terbka untuk melihat di dalam Roh. Ia akan memberi pada kita persepsi untuk melihat ke dalam alam roh.

Pertanyaan sebagai Renungan

1. Apakah anda memiliki kemampuan untuk “merasakan” atau mengetahui kapan urapan profetis siap dicurahkan bagi anda atau orang lain? Menurut pengalaman anda, apa yang terjadi sebelum nubuatan diberikan dalam suatu lingkungan korporat?

2. Pernahkah anda atau seseorang yang anda kenal mengalami “onar”? Apa yang menjadikan kondisi penglihatan ini berbeda dari sekedar mimpi-mimpi “biasa”?

3. Pernahkah anda atau orang lain yang anda kenal mengalami “enupnion”? Mengapa Allah ingin memberikan suatu kejutan di dalam suatu mimpi?

4. Pernahkah anda atau orang lain yg anda kenal mengalami horama? Apa yang dibawa oleh penglihatan itu? Mengapa Tuhan menyingkapkannya? Adakah hasil dari penglihatan itu?

5. Saya mendorong semua kita meminta roh wahyu dan penglihatan. Pernahkah anda memintanya? Mengapa pewahyuan jenis ini “menakutkan” sebagian orang? Mengapa kita sebaiknya berusaha mendapatkan penglihatan horama?

6. Pernahkah anda atau orang yang anda kenal mengalami horasis? Bagaimana dunia fisik dan dunia roh bekerja dalam kondisi penglihatan ini?

7. Apa pengertian anda dari optasia? Pernahkah anda atau orang lain yang anda kenal mengalaminya? Apakah dampak dari kondisi penglihatan ini dalam hidup seseorang?

8. Pernahkah anda atau orang lain yg anda kenal mengalami ekstasis? Apa yang dibawa oleh penglihatan itu? Mengapa Tuhan menyingkapkannya? Adakah hasil dari penglihatan itu?

9. Pernahkah anda atau orang lain yang anda kenal mengalami apokalupsis? Bagaimana hal-hal yang tersembunyi tersingkapkan dalam penglihatan ini?

10. Apakah pengertian anda dari egenomehn ehn pneumati? Pernahkah anda atau orang lain yang anda kenal mengalaminya? Apakah dampak dari kondisi penglihatan ini dalam hidup seseorang?

Pertimbangan, Renungan dan Doa

Terkadang suatu “elemen kejutan” dilepaskan melalui perjumpaan pelihat. “Bersiaplah: siap atau tidak, Ia datang!” Seberapa sering perjumpaan pelihat terjadi bagi hidup anda? Apakah anda mengambil waktu untuk menanti dan berdoa untuk menerima penglihatan dan wahyu dari Allah? Apakah sebelum tidur anda meminta Allah untuk berbicara kepada anda saat anda tidur? Mulailah suatu aturan persiapan sebelum tidur, termasuk mengundang Allah untuk menghadirkan pewahyuan di jam-jam malam anda.

Kita semua memiliki dua jenis mata: mata fisik dan “mata” hati kita yang kita “lihat” dalam alam roh. Keduanya adalah “mata” dimana kita dapat melihat dan mengerti kebenaran ilahi. Alkitab berkata bahwa tubuh kita adalah bait suci bagi Roh Kudus. Setiap bait memiliki jendela dan pintu. Saat Allah datang untuk berdiam dalam “bait” kita, Ia ingin untuk dapta melihat melalui “jendela”Nya. Mata kita – fisik dan roh – adalah jendela bagi jiwa kita. Seberapa baik mata anda bekerja untuk melihat apa yang Allah inginkan untuk anda lihat?

Pernahkah anda mengalami dimana tiba-tiba anda merasa seperti suatu sinar kecil masuk ke dalam diri anda? Mungkin anda tidak mendapatkan penglihatan nyata, namun suatu perasaan bahwa sesuatu yg tidak anda mengerti, sesuatu yang tersembunyi dari anda, kini terungkap. Itulah pengalaman jenis apokalupsis. Jika anda peernah mengalami hal ini, bagaimana Allah memakainya? Jika belum, bagaimana anda mempersiapkan diri bagi pewahyuan jenis ini?

Tuhan, bukalah mata hatiku agar aku dapat melihat alam pelihat dalam nama Yesus. Lihatlah jendela jiwaku dan tunjukkan padaku apa yg Engkau lihat. Aku perkatakan bahwa mimpi, penglihatan, wahyu dan lawatan adalah hakku sebagai Orang Percaya dalam Yesus. Berikanlah padaku alam roh ini dalam berbagai dimensi dan ekspresi, aku siap, Tuhan! Amin!

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

5 Responses to James Goll: Apakah Karunia Melihat Di Dalam Roh Tersedia Bagi Anda? Temukan Karunia Pelihat Di Dalam Anda! (Feb 5, 2010)

  1. Dian says:

    Ini ulasan dari buku ya? buku terjemahan dalam bhs Indonesia apa sudah ada dijual? hrgnya brp?Mohon reply ke email saya.

    • siskapurnama says:

      Hi Dian…it’s not a review from a book, instead it’s a translation that I made from prophetic articles that I got from prophetic sites..thx

  2. Andi Hui says:

    Maaf mbak siska. tapi aku mau tanya ,Jika kita pernah di keliling sinar biru di atas kepala.
    bagaimana? Apakah aku juga bisa termasuk pelihat. tapi cuman 2 atau 3 kali setelah bertobat.
    Sekarang sudah tak ada.
    Kejadiannya waktu baru bertobat. dan sebulan kemudian, aku jadi rajin baca,
    alkitab, disuatu hari di kamar ketika aku baca kitab yehizkel di bab pertama tentang melihat,.
    kemuliaan Allah, waktu itu di kamar pegawai.
    Aku tiba-tiba melihat suatu jaring tembus dari genteng, dan jaring itu menangkap aku.
    seolah olah aku. di tangkap oleh jaring itu menjadi seperti ikan.. Aku di tarik keatas.
    tiba2 aku di tarik tembus dari tembok rumahku. tiga kali tembusan nya,
    tar tar tar,,,,, tiba2 aku ada di langit. yaitu terbang di awan2 dan anehnya aku tidak jatuh.
    alias melayang-layang.
    Dan tiba2 datang suatu awan yang lain, dari pada yang lain, padahal sebelum awan itu
    datang, memang di sekelilingku sudah ada awan juga.
    Kenapa aku bilang awan ini lain dari pada yang lain. karena awan ini bisa bicara.
    dan awan ini mengetahui namaku. Awan ini panggil namaku.
    Aku tanya siapakah kamu ,tapi awan itu ga mau omong. melainkan awan itu
    cuman bilang Terima saja dan jangan banyak bicara. Ia mengirimkan rajawali api masuk
    ke dahiku segede kupu2 banyak sekali seperti di tembak masuk dengan sejata otomatis.
    Lalu yang terakhir Ia mengirimkan rajawali api segede bumi masuk ke mulutku.
    Apakah ada yang bisa mengartikan penglihatan itu kepadaku.
    Karena aku takut aku cepat melonta2 , setahuku aku ini bukan dukun
    dan aku ini orang biasa . Karena aku baru masuk kristen. aku mengalami hal yang ajaib.
    lalu setelah penglihatan itu. aku buru2 pergi ke gembala aku.
    untuk bertanya mungkin ia akan memberitahukan aku kebenaran penglihatan itu.
    Tetapi ia pun tak tau, aku jadi sedih. karena tidak dapat pengertian.
    aku frustasi. sangkaku ia adalah ketua tentunya ia lebih tau.
    ternyata ia pun tak tau. sejak itu juga aku ga jadi ke gereja dia lagi.
    aku kecewa karena ia ga bisa memberikan aku pengertian.
    sekarang aku mau tanya. Apakah pengalam seperti ini juga termasuk pelihat.
    atau bukan terima kasih

  3. ade says:

    Wah mas ini mendapatkan karunia Tuhan yang luar biasa, itu adalah karunia mata penglihatan. Sumbernya hanya dari Roh Kudus…..Ulasannya ada di kitab Korintus…..kebetulan saya juga pernah mengalami hal seperti itu,…….lalu setelah mendapatkan karunia Tuhan sperti itu biasanyaakan dipakai Tuhan untuk menjalankan misi-misi tertentu dariNya….. GBU

Leave a Reply

