Chuck Pierce: Hari 6: Para Malaikat – Siapakah Mereka? (Nov 2, 2009)


Karena kita telah melewatkan 5 hari untuk membahas interaksi malaikat, mari kita mengulasnya! Malaikat, siapakah mereka dan apakah yang mereka lakukan? Para malaikat adalah “Roh-roh” (Ibr. 1:14). Seorang malaikat adalah seorang pembawa pesan surgawi yg mengantarkan sebuah pesan kepada manusia, menjalankan kehendak Tuhan, memuji Tuhan atau menjaga Tahta Tuhan. Istilah “malaikat” berasal dari kata Yunani angelo, yang berarti pembawa pesan.” Kata Ibrani yg serupa, malak, juga berarti “pembawa pesan.” Tugas malaikat ialah menyampaikan pesan atau melakukan kehendak Tuhan yang mengutus mereka. Istilah lain yg dipakai untuk malaikat adalah “anak-anak Tuhan,” “orang-orang kudus” dan “makhluk sorgawi.” Mereka adalah makhluk-makhluk angkasa yang menyembah Tuhan, ada di Tahta Allah atau membentuk tentara Allah. “Makhluk-makhluk ini” bekerjasama dengan kuasa atau tindakan Tuhan yang dahsyat. Terdapat bermacam-macam penampakan malaikat di sepanjang Firman Tuhan. Seringkali di Perjanjian Lama malaikat muncul sebagai manusia biasa. Namun, seringkali mereka dengan jelas muncul sbg non-manusia. Di Perjanjian Baru mereka dapat memiliki penampilan yang terang benderang. 

Malaikat bersayap adalah jenis lain dari makhluk surgawi. Kita menemukan kerub & serafim muncul dalam penglihatan Yesaya (Yes. 6:2-6) dan Yehezkiel (Yeh. 1:4-28; 10:3-22). Kerub menjaga atau hadir pada Tahta ilahi. Seraphim hadir di Tahta Allah & juga menyuarakan pujian. 

Malaikat tampaknya memiliki golongan & satu sistem peringkat yg tetap (1 Tes. 4:16; Yud. 9). Mereka memilikijabatan di surga (1 Raj. 22:19, Why. 6:11, Dan. 7:9, 10).  Malaikat diciptakan & bertanggung jawab mengawal tujuan Allah di bumi. Mat. 18:10 mengutip kata Yesus: Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.” Hal ini dengan jelas menunjukkan bahwa setiap individu memiliki malaikat penjaga sendiri. Mereka berhubungan dan menjagai manusia (Mzm. 91:11-12) 

Malaikat juga menjaga gereja-gereja tertentu (Dan. 10:13; Kis. 12:15; Why. 1:20; 2—3).  Malaikat juga merupakan pemimpin atas bangsa-bangsa. Kita temukan contoh ini dalam kitab Daniel terkait dgn Mikhael. Beberapa tugas dasar malaikat adalah mengumumkan, menyatakan, melindungi dan menghukum. Karena mereka dipanggil untuk menengahi melalui doa, para rasul, nabi dan para pendoa syafaat yang efektif; individu-individu yang “berdiri di tengah” mengerti bantuan dari para malaikat.  

Malaikat bersukacita saat dunia bersekutu dgn Allah, kota-kota dibangun ulang, jiwa-jiwa  memindahkan kesetiaan mereka kepada Kerajaan Allah, dan banyak orang mendengar dan menaati Allah. Mereka bekerjasama dengan para nabi, pendeta, dan para pemimpin di gereja (Yes. 42:19, Hag. 1:13, Mal. 3:1, Why. 1:20).  

Kini kita memasuki suatu musim dimana kita akan melihat manifestasi Allah yg selanjutnya (Kej. 22:11, Kel. 3:2-14). Malaikat akan digunakan secara dahsyat demi manifestasi ini. Amati mereka, keberadaan mereka tampak seperti manusia (1 Yoh. 3:2). Jumlah mereka sangat banyak (1 Raj. 22:19, Mat. 26:53, Ibr. 12:22).  Mereka gagah perkasa (Mzm. 103:20, Why. 5:2, 18:21). Aktivitas mereka mengagumkan (Yes. 6:2-6, Why. 8:13). Mereka cerdas dan mempesona (Mat. 28:2-7, Why. 10:1-2). Mereka pun akan memerintah di kemudian hari (Mat. 13:39, 41, 49). 

Saat kita memasuki musim supranatural di depan ini, kita harus mengamati dgn seksama! Allah menuntut kita untuk mampu membedakan! Ia melatih perasaan kita untuk membedakan antara yang baik dan yang buruk. Ijinkan pertimbangan anda tiba di suatu tingkat yang baru. Kita harus ingat, para malaikat dapat bersekutu dengan iblis (Mat. 25:41, Why. 12:7, 9).   

Renungkan Ibr. 5:14. Baca dan pelajari Why. 12. 

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s