Anne Elmer: “Berada Di Masa Apakah Kita Sekarang?” (Oct 24, 09)


Berada di masa apakah kita sekarang? Apakah masa-masa kesukaran, suatu masa resesi, masa-masa perubahan, akhir jaman?

Banyak hal telah disebutkan perihal masa-masa yang kita jalani saat ini. Namun saya merasa didorong untuk kembali membaca bagian yang indah dari in Pkh. 3:1-8:

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.

Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam;

ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun;

ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari;

ada waktu untuk membuang batu, ada waktu untuk mengumpulkan batu; ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk;

ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang;

ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara;

ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai.

Jika anda sempat, saya menyarankan anda untuk melihat arti-arti Ibrani dari perbandingan-perbandingan di atas. Namun pesan umumnya adl bahwa Tuhan yg hidup di luar waktu (konsep yg terlalu luas bagi imajinasi kita) ingin agar kita memahami bahwa segala sesuatu ada waktunya.

Di setiap saat dalam hidup kita, ada banyak individu, keluarga, komunitas dan bahkan negara yang mengalami sebagian atau semua hal yang disebutkan di atas.

Waktu apakah bagi anda di saat ini? Jika anda menjalani masa-masa pribadi dan rohani yg baik, maka jadilah kuat dan bersiaplah memasuki musim depan, karena hal ini jelas akan tiba. Jika anda menjalani suatu masa yang sulit, bersemangatlah karena masa ini memiliki musim dan akhirnya sendiri. Tuhan menggunakan masa-masa dan musim-musim di dalam hidup kita untuk menguji kita, melatih kita, dan menyiapkan kita bagi hal-hal yang akan terjadi berikutnya.

Satu hal yang pasti, apapun masa yang anda pikir sedang terjadi bagi anda, Tuhan memiliki rencana bagi hidup anda, dan anda dapat hidup di hari ini karena Tuhanlah yang menghendakinya (bacalah Mzm. 139!). Ia tahu dimana anda berada, apa yg anda lakukan atau tidak lakukan, siapa yg berada di sekitar anda, dan lebih dari mungkin bahwa Tuhanlah yg menempatkan anda di sana.

Kini Anda Hidup Di Waktu Anda Sendiri

Di waktu apakah anda kini berada? Saya berkata, anda hidup di dalam waktu anda; waktu bagi anda. Rancangan Allah adalah agar anda hidup di saat ini untuk menggenapi rencana-rencanaNya di bumi. Ya, musim-musim dalam hidup kita berubah, namun perintah Tuhan bagi pengikutNya masih berlaku, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku” (Mat. 28:19). Ia masih memerintahkan kita untuk menyembuhkan orang sakit, mengusir setan-setan dan berbicara dalam bahasa-bahasa baru (Mrk. 16:16-18). Ia masih mengundang kita, seperti Ia mengundang Petrus, untuk keluar dari perahu kita (Mat. 14:29).

Mungkin anda tidak setuju dan berpikir, “Tapi Tuhan berkata, ‘Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah,'” dan tentu saja anda benar, namun waktu untuk tetap diam telah lewat. Dan meski kita diam, kita tetap harus berdoa tanpa henti (1 Tes. 5:17), bagi mereka yg berlaku buruk bagi kita (Luk. 6:28), bagi mereka yg memiliki otoritas (1 Tim. 2:2), dan banyak lagi.

Mungkin anda berpendapat bahwa anda bukan siapa-siapa yang dapat melakukan hal-hal yang penting. Mungkin situasi di saat kelahiran anda tidak membanggakan. Namun mengertilah bahwa Tuhan yg berada di luar waktu tidak sekedar duduk, menggaruk kepala dan berkata, “Astaga, bayi lagi! Apa yg harus kita perbuat dgn bayi itu? Kita terpaksa menulis ulang rencana bagi manusia!”

Sahabat, anda bukanlah seorang yg tak berarti, anda bukanlah suatu kesalahan. Anda penting bagi Kerajaan Allah. Ia ingin anda ada di sini, di hari ini. Anda tidak berada di sini karena seseorang di dalam keluarga anda lupa meminum pil kontrasepsi atau karena seseorang mabuk berat, atau karena seseorang dikasari. Anda tidak berada di sini karena seseorang di generasi terdahulu anda melakukan sesuatu yang buruk di tempat tersembunyi. Tidak! Anda ada di sini hari ini karena Tuhan memiliki suatu rencana bagi hidup anda. Cukup lihat ke belakang melalui 2 atau 3 generasi sebelum anda, dan lihatlah seberapa jauh Allah bekerja untuk menyelamatkan kelahiran anda.

Dalam hidup saya kini di Eropa Barat, orangtua & kakek nenek saya selamat dari 2 Perang Dunia. Kakek dari pihak ayah saya, di tahun pertama pernikahannya, mengalami satu kecelakaan serius karena ledakan di pertambangan. Matanya menjadi buta, namun ia selamat. Kebetulan? Tidak, melainkan kehendak Tuhan bagi suatu generasi di depan. Kakek dari pihak ibu saya selamat dari banyaknya kecelakaan di pertambangan batubara. Apakah ia sekedar beruntung? Tidak. Tuhan ingin ia memberikan hidup bagi ibu saya, agar saya dan anak saya dan cucu saya dapat lahir. Tidak termasuk tabrakan pesawat, kecelakaan di jalan, bencana alam, dan bahaya-bahaya lainnya dimana Tuhan melindungi kita agar dapat menggenapi rencana-rencanaNya.

Waktu-waktu apakah saat ini? Waktu-waktu anda dan juga waktu-waktu saya. Inilah waktu bagi kita untuk menjadi umat Tuhan yang sesuai dengan panggilan kita. Marilah melakukan panggilan kita di dalam kuasaNya, di dalam namaNya, dan di dalam waktuNya.

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s