Keith Miller: “Hikmat dan Pewahyuan Roh Kudus yang Baru Bagi Musim yang Baru dan Awal yang Baru” (Sep 3, 2009)


Tuhan ingin mengurapi kita dengan hikmat ilahi yang akan menyebabkan orang lain berkata, “Bagaimana dia bisa sebijak ini?” Karena mereka pun berkata hal yg sama tentang Yesus: “Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yg diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yg demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?'” (Mrk. 6:2b). Anda tahu, kita harus melihat hal semacam ini terjadi lagi di Gereja. Kita harus menetapkan standar bagi dunia.

Yesus menjalani hidupNya dengan melekat pada Aliran Roh Hikmat, sehingga hidupNya, hari demi hari, menunjukkan kehidupan yg cakap yg memuliakan & menyatakan Kerajaan Allah.

Tidakkah anda menginginkan impartasi dari Roh Hikmat? Saya yakin kita tengah memasuki musim dan masa yang baru di dalam Tuhan. Hal ini tidak baru bagiNya, namun baru bagi kita. Gereja harus berjalan di dalam Roh Hikmat dan pengertian saat ini! Kita harus menaikkan suatu standar, bukan dengan kemampuan kita, melainkan dengan melekat pada Roh Hikmat; bukan sekedar informasi atau performa, melainkan suatu kemampuan dan pemahaman yang mendalam yang melepaskan otoritas dan kepemimpinan yang kuat.

Sahabat-sahabat terkasih, kita tengah melihat perubahan-perubahan besar terjadi di seluruh dunia yang akan & sudah mempengaruhi hidup setiap kita; & lebih banyak lagi yang akan datang. Jika ada suatu waktu bagi anda & saya untuk hidup & menjalankan Roh Hikmat, inilah saatnya! Ketahuilah bahwa saya tidak membicarakan kemampuan atau pengetahuan anda. Hal-hal ini adalah berkat, namun saya membicarakan sesuatu yg lebih – yang lebih dalam, lebih luas & lebih besar. Saya berbicara tentang hidup dan menjalankan suatu Aliran Air Hikmat.

Aliran Air Hikmat adalah hal yg berbeda. Saat saya berbicara tentang Aliran Air, saya berbicara tentang aliran Roh Kudus yang terus-menerus di area hikmat. Oh, betapa kita membutuhkannya saat ini. Saat anda membaca artikel ini, mintalah padaNya untuk memenuhi anda dengan semua hikmat & pengertian, karena jalan-jalanNya jauh lebih tinggi daripada jalan-jalan kita, dan pikiran-pikiranNya jauh lebih tinggi daripada pikiran-pikiran kita.

Yoh. 7:37-38 berkata bahwa dari dalam hati anda akan mengalir aliran-aliran air hidup! Salah satu aliran air tersebut adalah Aliran Air Hikmat! Biarkan Aliran Air Hikmat mengalir saat ini!

Ditetapkannya Roh Hikmat

Roh Himat bukanlah sekedar informasi. Roh Hikmat adalah suatu anugerah kemampuan ilahi untuk melakukan sesuatu melebihi kemampuan orang itu sendiri. Roh ini sebenarnya adalah kemampuan yang cakap untuk melakukan apa yang telah Tuhan tetapkan untuk anda lakukan. Saat ini suatu aliran air hikmat sedang dilepaskan kepada Gereja, dan ini bukanlah kemampuan analisa, melainkan suatu kemampuan yang cakap dan kreatif.

Gereja akan melayani suatu hikmat yang akan mengacaukan orang-orang yg terbijaksana di dunia. Dunia akan mulai bertanya, “Darimana ia memperoleh kemampuannya? Ia tidak pernah pergi ke sekolah!” Orang-orang percaya akan berkata, “Saya mendapatkannya melalui mimpi.” Banyak orang akan terpesona dengan hal ini. Roh Hikmat adalah kemampuan ilahi. Tuhan menunjukkannya dalam Mzm. 136:5a: “Dia yg menjadikan langit dengan kebijaksanaan.” Wow!

Benny Hinn menjelaskan sbg berikut: “Hikmat ialah kecakapan hidup; yaitu kemampuan untuk menerapkan pengetahuan Firman Tuhan ke dalam hidup kita sehari-hari. Hal ini melibatkan aplikasi kebenaran ke dalam pengalaman manusia sehari-hari. Dikuasai secara tepat, yang dapat membawa kita pada suatu hidup yg berbahagia, berhasil&berkelimpahan.”(Welcome, Holy Spirit)

Roh Hikmat mengalir dari Surga, langsung dari tahtaNya; yang keluar dari persekutuan yang intim denganNya. Roh Hikmat mengalir dari hadiratNya, sebagai “corot” pada pelita yang terdapat dalam Zak. 4:2 darimana keenam Roh yang lain juga mengalir.

Karunia Hikmat versus Roh Hikmat

Ada suatu perbedaan khusus antara karunia hikmat dan Roh Hikmat. Dalam 1 Kor. 12:8, “Sebab kepada yg seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, & kepada yg lain Roh yg sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan,” kita melihat karunia hikmat, atau suatu perkataan hikmat. Kita memberi perkataan hikmat saat Roh Kudus memakai kita untuk menyampaikan suatu bagian informasi tertentu, kemungkinan tentang kesembuhan, dll.

Tuhan ingin memakai kita lebih tinggi lagi dan mengalami aliran Roh Hikmat tanpa henti. Ia memindahkan kita ke dalam fungsi Roh Kudus dimana kita akan berjalan di dalam aliran pengurapan tanpa batas secara terus-menerus dalam hidup sehari-hari, bukan sekali waktu. Maka kita membutuhkan lebih dari sekedar perkataan hikmat; kita membutuhkan Roh Hikmat.

Fungsi Roh Hikmat

Ingat bunyi dari Yoh. 7:38b, “Dari dalam hati(mu) akan mengalir aliran-aliran air hidup”? Hal ini lebih dari satu aliran air. Aliran-aliran air ini melambangkan berbagai aliran atau fungsi-fungsi Roh Kudus. Pikirkan Roh Hikmat sbg suatu aliran hikmat yg mengalir dari hidup anda. Seperti yg telah disebutkan, hikmat bukanlah kemampuan analisa, melainkan kuasa kreatif. Maka Roh Hikmat adalah suatu impartasi atau suatu aliran kemampuan kreatif untuk berfungsi di area dimana Tuhan telah memanggil anda untuk melakukannya.

Saat menulis ini, saya merasakan semangat Roh Kudus sangat kuat. Aliran air mewakili beberapa ekspresi atau fungsi pelayanan Roh Kudus yg berbeda. Salah satu aliran air ini ialah Roh Hikmat. Maka sebagai orang percaya, anda memiliki potensi untuk memiliki aliran hikmat dari dalam diri anda, mengalir melalui anda, dan sekitar anda, seperti tertulis dalam Ef. 1:19, “Betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya.”

Sejak Ia memberi saya kemampuan ilahi untuk melakukan berbagai hal, saya ingin orang-orang yang belum pernah bertemu saya dalam tiga tahun berkata, “Astaga, lihat orang ini! Darimana ia mendapatkan semua ini?” Sehingga saya dapat memberi semua kemuliaan hanya bagi Tuhan.

Karena itu, Tuhan ingin mengurapi kita dgn hikmat ilahi yg akan membuat orang-orang berkata, “Bagaimana dia bisa begitu bijak?” Seperti halnya dgn Yesus dalam Mrk. 6:2b, “Dan jemaat yg besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: “Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yg diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yg demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?'” Anda tahu, kita harus melihat hal ini kembali di dalam Gereja.

Keuntungan dari Roh Hikmat

Lihat hal hikmat yang terdapat dalam Ams. 4:5-13:

Perolehlah hikmat! Perolehlah pengertian! Jangan lupa, dan jangan menyimpang dari perkataan mulutku. Janganlah meninggalkan hikmat itu, maka engkau akan dipeliharanya, kasihilah dia, maka engkau akan dijaganya. Permulaan hikmat ialah: perolehlah hikmat dan dengan segala yang kauperoleh perolehlah pengertian. Junjunglah dia, maka engkau akan ditinggikannya; engkau akan dijadikan terhormat, apabila engkau memeluknya. Ia akan mengenakan karangan bunga yang indah di kepalamu, mahkota yang indah akan dikaruniakannya kepadamu. Hai anakku, dengarkanlah dan terimalah perkataanku, supaya tahun hidupmu menjadi banyak. Aku mengajarkan jalan hikmat kepadamu, aku memimpin engkau di jalan yang lurus. Bila engkau berjalan langkahmu tidak akan terhambat, bila engkau berlari engkau tidak akan tersandung. Berpeganglah pada didikan, janganlah melepaskannya, peliharalah dia, karena dialah hidupmu. ”

Promosi

Roh Hikmat akan membawa promosi. Anugerah adalah perkenanan, atau kemampuan ilahi untuk melakukan apa yang tidak dapat anda lakukan; namun Ia melakukannya bagi anda. Saya selalu menerima perkenanan jenis ini dan saya akan berpikir, Mengapa saya menerima kesempatan ini?

Kebaikan Tuhan memberi saya kesempatan untuk mengetahui perkenananNya, dan itulah hal yg menakjubkan dari rancanganNya. Ia melihat awal dari suatu akhir dan akhir dari suatu awal. Lalu ia membuat saya berhasil di dalam bisnis, yang tidak hanya menghasilkan kekayaan, namun juga pelajaran penting, bahwa kekayaan bukanlah segalanya. Saya sudah memiliki segalanya, namun saya merasa kosong. Saat itu tidak dapat dibandingkan dengan apa yang saya miliki saat ini. saya takkan pernah menukar pengurapan demi uang sebanyak apapun!

Umur Panjang

Tahukah anda bahwa hikmat akan memperpanjang hidup anda? Suatu kali Tuhan memberitahu saya, “Keith, banyak umatKu meninggal secara prematur karena stres. Jika saja mereka mau meraih Roh Hikmat, maka stress mereka akan berkurang.” Ingat, Ams. 4:10 berkata, “Hai anakku, dengarkanlah & terimalah perkataanku, supaya tahun hidupmu menjadi banyak.” Saat seseorang berusaha hidup menurut kemampuan mereka sendiri & bukan terhadapNya, stres akan meningkat.

Allah memiliki rancangan & rencana bagi setiap orang percaya. RancanganNya jauh lebih besar dibanding apa yang dapat anda lakukan. RancanganNya akan mendorong maupun menghebohkan anda. Biasanya kita melintasi suatu masa dimana kita didorong oleh visi kita sampai kita menjadi letih & jemu; itulah saat bagi Tuhan untuk menerobos & mulai melakukan bagianNya. Namun kita tidak perlu hidup seperti itu! Yesus sendiri berkata, “Pikullah kuk yg Kupasang & belajarlah pada-Ku…Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.” (Mat. 11:29-30).

Suatu Hiasan Kasih Karunia

Hikmat akan menaruh suatu hiasan kasih karunia di kepala anda & memahkotai kepala anda dgn kemuliaan. Tuhan berkata, “Biarkan Aku menaruh hiasan kasih karunia di kepalamu.” Kemana pun anda pergi, hiasan itu akan tetap ada. Bergembiralah, kasih karunia membri anda perkenanan di hadapan Allah & manusia. Kasih karunia memberi anda hal-hal yg tidak layak anda terima. Kasih karunia menjadikan segala sesuatu mudah. 2 Tim. 2:1, “Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus.” Kata kuat berarti dimampukan atau dikuatkan oleh kasih karunia; saat kita melaksanakan fungsi Hikmat tidak dengan kekuatan kita sendiri!

Alasan mengapa banyak hal menjadi sulit ialah karena kita melakukannya dgn hikmat alami & bukannya dgn Roh Hikmat. Dan kita bertanya mengapa hal itu tdk mendatangkan kemuliaan bagi Tuhan. Saya lelah dgn apa yg dpat kita lakukan. Mari kita lihat apa yg hanya dapat Allah lakukan.

Ams. 4 merujuk pada “mahkota kemuliaan.” Roh hikmat dan pengertian akan mempromosikan anda, akan menaruh suatu hiasan kasih karunia di kepala anda, dan memahkotai anda dengan kemuliaan. Pernahkah anda berada di pertemuan dimana kemuliaan begitu kuat sehingga anda merasakan bobot Kemuliaan Allah? Ingatkah anda saat Musa harus menutupi mukanya karena adanya kemuliaan Allah? Tidakkah anda ingin dimahkotai dgn kemuliaan? Saat hal ini terjadi, anda akan menjadi lebih sadar akan Allah ketimbang akan dosa. Anda akan ingin dimahkotai dengan kemuliaan, kepenuhan dari karakter, sifat dan kuasaNya bagi hidup anda.

Damai Sejahtera

Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas. Ia lebih berharga dari pada permata; apa pun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya. Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan. Jalannya adalah jalan penuh bahagia, segala jalannya sejahtera semata-mata. Ia menjadi pohon kehidupan bagi orang yang memegangnya, siapa yang berpegang padanya akan disebut berbahagia. Dengan hikmat TUHAN telah meletakkan dasar bumi, dengan pengertian ditetapkan-Nya langit, dengan pengetahuan-Nya air samudera raya berpencaran dan awan menitikkan embun. – Ams. 3:13-20

Orang percaya seharusnya mengalami damai sejahtera saat mengetahui bahwa hal-hal yang dimintaNya dari anda bukanlah hal-hal yg tidak dapat anda lakukan dgn kekuatan anda sendiri. Ia akan memberi anda Roh Hikmat untuk melakukan hal-hal yang diperintahkanNya kepada anda. Itulah hal yg luar biasa saat aliran hikmat mengalir dalam hidup anda. Lalu anda akan melihat diri anda ditengah ini semua & berpikir, “Aku tak percaya hal ini terjadi padaku.” Tebak! Tentu tidak!

Saat anda mulai melayani Roh Hikmat, anda takkan bereaksi secara emosional. Yesus bekerja melalui aliran Roh Hikmat yg konstan. Karya, ucapan, & pengajaranNya membuat takjub banyak orang. Yesus memberi banyak kesempatan untuk mencengangkan murid-muridNya. Ia membuat pohon ara menjadi layu (Mat. 21:19), menenangkan angin sakal dgn satu perkataan (Mrk. 6:50), dan dgn berani berkata kepada orang Farisi & Herodian, “Berikanlah kepada Kaisar apa yg wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yg wajib kamu berikan kepada Allah!” (Mrk. 12:17). Semua orang takjub mendengar pengajaranNya (Luk. 4:32), kecerdasan dan jawabanNya (Luk. 2:47). Ia melakukan banyak sekali tanda-tanda ajaib, bahkan membangkitkan orang mati!

Dalam Kis. 6:10, Stefanus berbicara dgn hikmat semacam ini, sehingga mereka yg mendengarnya tidak dapat berkata apapun! “Tetapi mereka tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang mendorong dia berbicara.” Inilah manifestasi Roh Hikmat yg luar bisa melalui seseorang. Yesus berkata dalam Luk. 21:15, “Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu.” Inilah suatu fungsi yang keluar dari Roh Hikmat, dan bukannya suatu respons emosional.

Sebagai seorang percaya, Tuhan menginginkan agar anda untuk mengaktifkan Roh Himat dalam hidup sehari-hari, agar anda mampu membicarakan kehidupan kepada mereka yang terluka. “Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.” (Yes. 50:4).

 

Banyak orang akan datang kepada Kristus melalui cara kerja Roh Hikmat. Dan. 12:3 berkata, “Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya.” Wow… melalui Roh Hikmat yg mengalir melalui hidup anda! Kita adalah kota yg terletak di atas bukit, & kemuliaanNya akan terlihat atas hidup kita yg akan menuntun banyak orang datang pada Tuhan.

Kehidupan yang Cerdik (Dengan Kecerdasan dan Kepandaian)

Umat Tuhan seharusnya adalah orang-orang yg tercerdik di bumi. Kita seharusnya menjadi orang yg menetapkan standar. “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.” (Yoh. 16:7), yaitu Roh Kudus.

Neh. 9:20a ialah salah satu ayat favorit saya, “Dan Engkau memberikan kepada mereka Roh-Mu yang baik untuk mengajar mereka…” Tuhan telah memberikan hal terbaik yang dimilikiNya, yaitu Roh Kudus, dan kata “terbaik” berarti “bagus, banyak & berlimpah.” Kata “mengajar” berarti “untuk menembak seperti anak panah; untuk menuntun dengan bijaksana.” Orang percaya seharusnya adalah orang-orang yang menjalankan keahlian & hikmat yang paling mahir, karena kita tertanam di dalam Dia yang merencanakan segala sesuatu sejak dasar-dasar bumi diciptakan.

Cetak Biru Surgawi – Rancangan Tuhan Bagi Kita

Anda dapat memulai untuk sehari-hari menerapkan aliran hikmat. Rangkaian tindakan dari Tuhan akan memampukan anda menjadi seorang pembangun yang bijaksana, yang dibuat khusus oleh cetak biru Surgawi bagi anda. Seperti yang dikatakan oleh Mzm. 139:14-18:

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya. Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya! Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir. Apabila aku berhenti, masih saja aku bersama-sama Engkau.

 

Dalam Yoh. 15:15-16, Yesus sendiri berkata, “Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”

 

Apakah anda menginginkan buah dalam hidup anda yang telah dikaruniakan dan disiapkanNya bagi anda? Apakah anda menginginkan hikmat agar dapat menjalankan cetak biruNya bagi hidup anda? Aliran hikmat akan menghasilkan ini semua. Hikmat jauh lebih berharga dari kekayaan apa pun di dunia. Ams. 8:11 berkata: “Karena hikmat lebih berharga dari pada permata, apa pun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya.”

Impartasi Roh Hikmat Dapat Dialihkan

Di bulan Februari, hal ini saya khotbahkan di suatu gereja di Austin, Texas. Saya berkata bagi mereka, “Saya akan meminta Tuhan untuk melepaskan ini bagi anda.” Saya meminta impartasi bagi aktivasi aliran hikmat & pengertian. Pada pertemuan itu, ada seorang pebisnis yg tidak dapat membayar uang sewanya. Setelah itu, di bulan Maret atau April, ia berinvestasi pada produk daur ulang komponen komputer. Kini ia kebanjiran pesanan. Ia baru saja memberi saya cek $15,000 untuk membangun suatu panti asuhan, karena Tuhan memberkatinya secara supranatural di area keuangan. Tuhan pun ingin melakukan hal yang sama bagi anda, bagi pelayanan & keluarga anda.

Sejak khotbah saya ini, beberapa orang melaporkan bahwa mereka menerima impartasi atau aktvitasi Roh Hikmat sehingga bisnis, pelayanan mereka, dll, telah meningkat 20x. Ini karena saat seseorang percaya, maka ia akan menerimanya.

Tuhan ingin agar anda memasuki tingkatan yg lain dari Roh Hikmat. Bukankah Roh Kudus mrp Pribadi yg terbijaksana di bumi? Ia tahu semua hal yg terjadi di Surga. Maka, saat anda terhubung dgn Roh Himat, anda benar-benar naik satu tingkat menuju Pribadi yg paling bijaksana di bumi. Anda akan mengalir dengan Pribadi yang mengetahui segala hal di Surga dan yang memiliki akses menuju Dia yang memiliki cetak biru hidup anda.

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Teaching in Holy Life. Bookmark the permalink.

One Response to Keith Miller: “Hikmat dan Pewahyuan Roh Kudus yang Baru Bagi Musim yang Baru dan Awal yang Baru” (Sep 3, 2009)

  1. Ageng says:

    Allah dasyat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s