Luke Holter: “2x Musim Yakub Membawa Terobosan” (Jul 25, 09)


Saya mendengar banyak laporan dari teman dan pelayanan lain dimana mereka mendapati diri mereka berada di dalam suatu perjuangan berat belakangan ini. Kini mereka merasa terperangkap dalam berjuang baik secara ekonomi, rohani maupun pribadi. Saya pun memperhatikan hidup saya selama periode waktu ini – suatu ukuran ketegangan, pengujian, dan terobosan dalam kehidupan pribadi dan rohani. Hal ini sangat melelahkan bagi banyak orang dan beberapa telah meninggalkan pelayanan atau mulai “menggulung tenda mereka,” dan mundur. Bahkan semakin menyakitkan bagi individu dan pelayanan tertentu untuk berfungsi dengan cara yang tepat.

Hal ini membawa saya untuk berdoa dan membaca Firman Tuhan, merenung, mendebat, tertawa dan akhirnya mendapat masukan profetik dari Roh Kudus. Saya mencari dan bertanya, “Tuhan, apa yang sedang terjadi? Mengapa hari-hari ini semakin berat? Apa yang sedang Engkau cari?”

Roh Kudus memberitahu saya satu frase yang saya percaya membuka suatu pandangan strategis bagi Gereja demikian juga bagi diri saya di musim ini. Ia berkata, “Saat ini adalah 2x musim Yakub.” Saat Ia berkata demikian, sesuatu yang kuat menyentak roh saya! Ia berkata bahwa 2x musim Yakub adalah musim “Pergulatan” & “Tangga Yakub.” Lalu Roh Kudus membawa saya pada dua bagian penting yang berkaitan dengan Yakub dalam Kej. 28:12 dan 32:24-31.

Pergulatan

Mimpi Yakub di Betel:

“Maka bermimpilah ia, di bumi ada didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampaklah malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu.” – Kej. 28:12

Yakub Bergulat Dengan Tuhan:

“Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing. Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu. Lalu kata orang itu: “Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Sahut Yakub: “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.” Bertanyalah orang itu kepadanya: “Siapakah namamu?” Sahutnya: “Yakub.” Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” Bertanyalah Yakub: “Katakanlah juga namamu.” Tetapi sahutnya: “Mengapa engkau menanyakan namaku?” Lalu diberkatinyalah Yakub di situ. Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: “Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!” Lalu tampaklah kepadanya matahari terbit, ketika ia telah melewati Pniel; dan Yakub pincang karena pangkal pahanya” – Kej. 32:24-31

Kita mengira musuh yang memperlambat kita, padahal sebenarnya Allahlah yang menguji dan membangun karakter kita! Allah sendirilah yang melakukan pekerjaan baik di dalam kita dan menjadikan iman kita semurni emas! Saya mendengar Roh Kudus berkata, “Jangan berhenti bergulat dengan Allah!” Banyak orang menyerah di dalam perjalanan Allah yang menghasilkan karakter ini, baik secara pribadi maupun korporat, karena adanya kesalahpahaman atas apa yang Allah sedang kerjakan. Kita akan melewatkan pekerjaan besar yang menghasilkan “kebijaksanaan dan ketekunan” jika kita menganggap pengujian ini sebagai aniaya iblis.

Musuh berencana untuk menghancurkan Gereja dan inilah kegerakan Allah saat ini. Inilah masa dimana generasi ini harus belajar untuk menguraikan antara “tekanan” dan “pengujian karakter.” Tuhan akan memberi kita hikmat dari Roh Kudus agar kita tidak kehilangan momentum pada perjalanan ini untuk mengalami terobosan besar! Generasi ini diberi suatu kesempatan khusus untuk terbuka dan hidup benar di hadapan Allah semesta alam!

Menghasilkan Karakter

Generasi masa kini sedang bergulat dengan Allah, dan dalam prosesnya Allah sendiri yang melatih kita untuk bergulat. Ia mengajar kita untuk menjadi kuat dan memiliki kesabaran, keteguhan hati dan kesetiaan. Generasi masa kini akan menerima suatu “pembalikan musim.” Seperti saat Yakub pertama kali memimpikan Tangga Yakub lalu bergulat dengan Allah, generasi ini pun akan bergulat dengan Allah dan menerima terobosan yang akan membuka tangga Yakub.

Terobosan yang akan datang ini berarti Surga akan terbuka! Para malaikat naik turun! Tuhan dimuliakan melalui keintiman dan ketekunan dalam berdoa yang akan membawa terobosan berskala besar bagi kehidupan pribadi, gereja, dan daerah-daerah.

Saat kita berkata, “Ya” bagi Tuhan untuk menghasilkan karakter di dalam kita, kita akan setuju ke mana saja Ia membawa kita. Allah mencari suatu generasi yang akan menjadi sebuah wadah zaman. Allah mencari suatu generasi yang akan mengijinkan kantung anggur lama dihancurkan. Suatu generasi yang akan bangkit di dalam suatu hubungan yang pasti dengan Bapa!

Setelah bergulat dengan Malaikat Allah, Yakub berjalan pincang. Roh Kudus berkata, “Itu yang Aku cari. Aku mencari suatu Gereja dan suatu generasi baru yang akan bersandar pada Yang dikasihinya. Aku mencari suatu Gereja dan suatu generasi yang akan berjalan dengan berbeda.”

Banyak orang mencari Yakub setelah saat itu dan berkata bahwa jalannya berbeda setelah “pergulatan surgawinya.” Itulah yang Allah cari dalam gerakan Tuhan saat ini – suatu generasi yang dimotivasi oleh keintiman dan keinginan untuk berjalan berbeda. Allah menginginkan suatu generasi yang rindu bertemu berhadapan muka denganNya!

“Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: “Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!” Lalu tampaklah kepadanya matahari terbit, ketika ia telah melewati Pniel; dan Yakub pincang karena pangkal pahanya.” – Kej. 32:30-31

Tangga Yakub Membawa Terobosan

Tangga Yakub ialah musim Surga terbuka. Selama musim ini, Allah akan membuka Surga dengan dahsyat dan berupa terobosan. Surga yang terbuka merupakan respon dari ketekunan dalam berdoa dan kesetiaan umat Tuhan. Inilah waktu bagi mereka yang setelah diuji dan dicobai, didapati penuh kasih dan iman, yang akan “dipercepat” dalam Tubuh Kristus.

Ada suatu generasi yang coba digugurkan roh agamawi! Roh agamawi ini berada di tengah-tengah Gereja dan berkata kepada generasi yang baru ini, “Tempatmu bukan di sini.” Roh Kudus mencari sekumpulan orang dan suatu generasi yang akan berdiri bagi Gereja dan berkata, “Enyahlah!” bagi roh ini. Allah merindukan suatu generasi yang akan berperang bagi lahirnya kegerakan ini!

Tempat dimana Yakub bermalam dan bergulat dengan Allah berada di Gunung Moria, tempat masa depan bagi Bait Allah di Yerusalem. Karenanya tangga menandakan “jembatan” antara Surga dan Bumi, doa dan korban yang diberikan di Bait Allah memberi suatu hubungan antara Tuhan dan bangsa Israel. Lebih lanjut lagi, tangga berkaitan dengan pemberian Taurat sebagai bentuk hubungan lain antara Surga dan Bumi.

Allah akan mencurahkan RohNya di daerah dan Gereja geografis. Tuhan mencari suatu tempat untuk disebutNya “rumah.” Tuhan bertanya, “Siapakah yang akan membangun rumah bagiKu dimana Aku dapat tinggal di dalamnya?” Roh Kudus berkata jika ada sekelompok orang bersedia menyisihkan diri mereka untuk melakukan hal-hal yang berbeda dan bekerja sama dengan Allah, maka Ia akan membangun suatu jembatan antara Surga dan Bumi!

Pada Yoh. 1:51, ada suatu petunjuk nyata atas mimpi Yakub yang terdapat dalam Kej. 28:12, dan hal ini menunjuk pada Yesus Kristus yang disebut dengan Anak Manusia: “Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

3 Responses to Luke Holter: “2x Musim Yakub Membawa Terobosan” (Jul 25, 09)

  1. meina says:

    alo kak,pagi ini aku doa Tuhan bicara ttg ayat kejadian ttg pergumulan Yakub dgn Allah dan ada 1 prtnyaan yg aku ajukan ttg sendi pangkal paha Yakub yg pincang.mknya aku search d google.jwbn kk aku ml paham,tp k sendi pangkal paha Yakub itu mksd kk berarti menandakan ttp bersandar ma Tuhan?k bs tlg jlskan?hehe.thanks.

    • siskapurnama says:

      Hi, Mei…I’ll try to answer it, ok.. buat orang yang lagi bergulat, pokok kekuatannya ada di 3 tempat, leher, biseps tangan dan pangkal paha. Namun yang terpenting adalah pangkal paha karena itu menentukan kekuatan kuda-kuda.
      Saat Yakub bergumul dengan Allah, ia masih mengandalkan kekuatannya sendiri. Sampai suatu ketika pangkal pahanya disentuh, dan dia menjadi lemah. Dan saat itu dia harus menyerah sepenuhnya dan mengandalkan Tuhan sepenuhnya.
      Yakub tidak berhenti terus. Bahkan dia memohon, “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi jika engkau tidak memberkati aku.” Dan ini menunjukkan ketekunan Yakub, bahwa dia tidak mau menyerah. Hari mungkin sudah mau siang. Tapi dia memeluk kaki Allah dan tidak membiarkan Dia pergi. Which means: “Aku tahu hanya Engkau tumpuan harapanku” “Hanya Engkau yang dapat menyelamatkan aku.” “Aku mau mengandalkan Engkau sepenuhnya.” “Aku mau mempertaruhkan imanku kepadaMu.”
      Dari kisah ini, kesimpulannya: Masalah membuat kita tidak sombong & mengandalkan diri sendiri.
      Masalah membuat kita mengandalkan kekuatan Tuhan (bukan kekuatan sendiri).
      Masalah itu ada tenggang waktunya.
      Melalui masalah kita akan diberkati.
      Semakin besar masalahnya, semakin besar berkatnya.
      Melalui masalah, kita akan melihat Allah.
      jeng..jeng..jeng…hope you’ll be satisfied! God bless…

      • meina says:

        iy kak thanks buat jawabannya.amin kak.aku juga kmrn ini renungkan dan ternyata mmg benar kk teguhin lagi.kl itu bcr ttg kesombangan juga.hehehe.iy kak.thanks ya kak. i wii still an strong because God with me.hehe.oia kak satu lagi kl menurut kk saat yakub di katakan dia telah menang melawan Allh dan manusia itu kl menurut kk apa?
        wkt kmrn ku doakan aku dpt jawabannya sih.tp aku mau jg dgr pendapat kk.hehehe.soalna aku msh agak ragu.hhehe
        thanks k

Leave a Reply

