Al Thomas: “MELIHAT ANGIN DARI ROH TUHAN” (Jul 20’08)


Suatu hari saya membaca Yoh. 3:8, dimana Yesus berkata kepada Nikodemus, “Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.”

Sebenarnya ini hanyalah bacaan biasa, dan saya tidak sedang mencari pewahyuan ataupun pengertian. Namun saat saya membacanya, suara dalam hati saya menyuruh saya untuk membacanya berulang-ulang. Tiba-tiba Roh Kudus berkata, “Hamba Allah, bacalah kembali. Aku memiliki hikmat untukmu dan orang lain.” Maka sayapun taat, dan terus membaca sampai hikmat Allah turun:

ANGIN BERHEMBUS

Tak pernah sekalipun Roh Allah tak aktif bekerja, Ia selalu bergerak di dalam hidup anda. Ia ada saat terjadi kekacauan dalam hidup anda (Kej. 1) dan bersukacita saat anda tenang dalam kedamaianNya.

Ia tak pernah melepaskan mataNya dari anda. Jika Ia memelihara burung pipit, maka Ia akan menjagai anda (Mat. 10:29-31). Ia mempertahankan semua ciptaanNya bersama RohNya (Kol. 1:16-17).

Ketika Angin bertiup keras (Kis. 2:2), semua orang tahu “sesuatu” sedang terjadi, namun hanya orang yang peka yang dapat memahami hembusan lembut Roh dan keuntungan yang akan diperoleh.

Beberapa orang merasa seorang diri, merasa hidupnya sia-sia. Elia pun merasakan hal yang sama. Ia meratap, “hanya aku seorang dirilah yang masih hidup” (1 Raj2. 19:14), hingga Allah mengatakan padanya bahwa anginNya masih berhembus…melalui 7,000 hambaNya yang tersedia (ay. 18).

Jika Roh Kudus menyuruh anda untuk menanti, janganlah gusar (Mzm. 37). Ia masih bekerja, dan jika anda menantikanNya, anda akan mendengarNya memberitahu anda kapan saatnya untuk bergerak. Jangan pernah merasa semuanya sudah terlambat, atau kematian visi anda sudah tiba.

Allah terkadang menanti hingga sebuah visi padam agar Ia dapat membangkitkannya lagi (Yoh. 11:4), menunjukkan pada anda bahwa Dialah yang berkuasa, bukan anda. Angin sedang bergerak, pertanyaannya: Siapkah anda? Angin sepoi-sepoi mulai bergerak di dalam Tubuh Kristus dan anda.

                                               KEMANA IA (ROH KUDUS) MAU      

Roh Kudus selalu melakukan sesuatu, tapi Ia tidak wajib untuk selalu memberitahu anda apakah itu, kecuali (pada saat itu) anda berada dalam pengurapan dan dipimpin olehNya. Meski anda berteriak, mengerang, berpuasa, marah, namun Roh Kudus akan tetap bergerak kemana, kapan, kepada siapa dan sebesar apa yang Ia mau – membagikannya kepada mereka yang Ia kehendaki (1 Kor. 12:11).

Ia memberi perintah, maka kita bergerak (Yoh. 5:19). Perintah Allah dalam hidup kita tidaklah untuk dipertanyakan, namun untuk ditaati. Beberapa orang bertanya, “Mengapa Allah memakai orang itu dan bukannya aku?” Angin berhembus, tidak kearah yang kita harapkan, atau kepada siapa yang kita anggap layak – namun Ia berhembus kemana Ia mau.

Apakah anda memerlukan suatu kebangkitan dalam pelayanan anda? Adakah batu yang tidak dapat digulingkan? Ia dapat meruntuhkan apapun jika Ia menyuruh anda berbicara atasnya (Mat. 17:20). Pernahkah anda melihat apa yang anda anggap sebagai “pekerjaan Allah” berakhir? Waspadalah – sebab pekerjaan itu harus menyenangkan Sang Angin. Dapatkah anda mendengarnya?

ANDA MENDENGAR SUARANYA

Anda tak perlu mempelajari termodinamika untuk tahu sesuatu sedang terjadi saat angin berhembus. Ketika suatu kejahatan terjadi, polisi segera mencari bukti. Ketika Roh bergerak, ada buktinya. Namun kita kehilangan Allah ketika kita mencoba memahamiNya dengan otak kita (manusia jasmani kita).

Allah tidak berbicara pada otak kita, Ia berbicara kepada roh kita (Yoh. 16:13). Otak disimpan dalam rangka tulang, maka kita harus menguncinya – “menyalibkan” pikiran alami dan jasmani kita, menolak menggunakannya hanya untuk memahami apa yang Allah kerjakan atau katakan. Walau otak adalah hadiah yang indah dari Allah, ini bukanlah hadiah yang paling berharga; namun Roh Tuhan.

Hanya kita sendiri yang tahu apa yang Roh Kudus kerjakan di dalam roh kita (1 Kor. 2:10-15). Untuk mendengar dan memahami apa yang dikatakan atau disaksikan kepada anda, pikiran Kristus harus bekerja (Ef. 4:23). Yesus berkata pada Nikodemus, “kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat…” (Yoh. 3:11). Mintalah Angin Allah.

ANDA TAK TAHU DARI MANA DATANGNYA ROH ALLAH

Lagi, ketika angin berhembus, hal ini adalah misteri bagi banyak orang karena mereka mencoba memahami Alah dengan pengertian logikanya. Nikodemus ingin penjelasan atas segala sesuatu (Yoh. 3:9). Bukannya Nikodemus tidak tulus; ia hanya mencari logika manusia.

Yesus berkata, “Berhentilah menganalisa; sembahlah Aku. Berhentilah berdebat; cukup percaya saja. Kembangkan layarmu dan biarkan Angin berhembus.”

Bapa ingin tak seorangpun hambaNya menolak untuk memasang layarnya hanya karena kuatir atas hal-hal yang dapat terjadi di luar kendali mereka. Mereka tidak paham bahwa Allah lebih memilih mengangkat anda dari air (saat anda mencoba berjalan di atasnya) daripada anda duduk ketakutan di dalam perahu (Mat. 14:28-31).

Di dalam hidup yang dipimpin oleh Roh, anda harus melangkah dengan iman dan belajar sambil berjalan. Roh akan mengajar anda (Yoh. 14:26). Perhatian: tak perlu pusingkan apa yang orang lain pikirkan karena hal ini akan menghalangi gerak Angin. Tetaplah rendah hati saat anda berserah kepada Roh, bahkan jika hal ini nampak kurang pantas. Cukuplah anda peduli atas apa yang Allah pikirkan. Angin yang keras akan segera berhembus ke dalam pelayanan anda.

KEMANA PERGINYA ROH

Jika anda melangkah keluar dan mempercayai angin RohNya, anda akan kaget kemana Ia akan membawa anda. Ingat, anda tidak membawa Roh, Rohlah yang membawa anda (Kis. 8:39-40). Nikodemus tidak tahu bahwa angin Roh akan membawanya suatu hari ke hadapan Pontius Pilatus untuk membawa tubuh Yesus (Yoh. 19:39) dan  menguburNya. Bayangkan hal istimewa yang didapatnya!

Ketika anda berserah kepada angin Roh, Allah akan mengijinkan anda membawa Juruselamat yang hidup (bukan mayat Yesus) ke tempat kegelapan dimana terangNya dapat bersinar. Jika anda tidak mengijinkan Roh membawa anda, anda sedang membawa mayat Yesus ke dalam kubur yang tak bisa melakukan apa-apa bagi anda atau orang lain (kecuali bau busuk). Namun Allah memiliki perkara-perkara yang jauh lebih besar bagi anda (Ibr. 6:9-10), maka kembangkanlah layar anda. Badai kebangkitan ada dalam masa depan anda. Jangan sampai terlewat (Hab. 3:2-4).

“Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.” Zak. 4:6b

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s