Paul Keith Davis: “Pengurapan Penuaian Mempelai Akhir Jaman” (April 16’08)


Salah satu nubuatan terbesar dalam Perjanjian Lama terkait dengan Mesias yang dijanjikan terdapat dalam Yes. 11:1-2. Bagian ini secara profetik meramalkan pengurapan yang akan berdiam atas Mesias, Ia yang akan menuntun era baru dalam sejarah manusia. Ayat ini berkata:

 

“Suatu Tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan Taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN…”

“Ketujuh Roh” Allah adalah suatu misteri yang menyenangkan untuk menyoroti fungsi Roh Allah di dunia. Hal ini tidak bertentangan dengan sifat trinitas Allah, namun merupakan ekspresi yang sempurna dan lengkap dari RohNya untuk menunjukkan kepenuhan sifat dan kuasaNya. Roh Allah tidak “memiliki” hikmat dan pewahyuan, nasihat dan keperkasaan, pengenalan dan takut akan TUHAN; karena Ia “ADALAH” semuanya.

Kitab Wahyu menggunakan frase “Tujuh Roh Allah” pada 4 bagian. Ini diambil dari dua kata Yunani:

Hepta= berarti tujuh atau lebih tepatnya tujuhkali.
Pneumata= berarti nafas, angin atau roh tunggal yang mengubahkan, yang juga dapat digunakan untuk menggambarkan objek atau orang tunggal.

Tujuh aspek Roh Allah memberi definisi yang lebih jelas tentang sifat ilahi Allah. Roh Allah adalah ekspresi atas siapa Ia sebenarnya, sementara hikmat dan pewahyuan, nasihat dan keperkasaan, dan pengenalan dan takut akan Tuhan adalah apa yang dilakukanNya.

Pelayanan Allah

Mempelai Kristus adalah “tulang dari tulangNya dan daging dari dagingNya.” Tubuh adalah perpanjangan dari Kepala. Hari-hari terakhir ini, kita dipanggil untuk menerima kepenuhan pelayanan Allah untuk membawa tuaian akhir jaman melalui banyak anggota tubuh. Allah digambarkan sebagai seekor anak domba yang disembelih, memiliki 7 tanduk dan 7 mata, yaitu tujuh Roh Allah.  Wahyu 5:6 menyatakan:

“Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.”

Ketujuh Roh Allah adalah wakil sempurna dari pewahyuan (7 mata) dan kuasaNya (7 tanduk) yang penting untuk menyelesaikan rencanaNya dibumi. Agar Gereja dapat melakukan apa yang dikerjakanNya, yaitu menggenapi John 14:12, manifestasi Roh yang sama ini harus berdiam atasnya! Tuhan berjanji akan membaptis kita dengan Roh Kudus dan api; 7 Roh Allah dinyatakan dengan api.

Pentahbisan dan Persiapan

Bukanlah tanggungjawab yang kecil bagi seseorang yang diurapi dengan kepenuhan ketujuh Roh Allah. Banyak doa dan proses pembersihan harus dilakukan hingga dilepaskannya kuasa ilahi ini. Menjadi tanggungjawab pelayanan kelima jawatan Allah untuk menyiapkan Mempelai pada pengurapan akhir jamannya. Rasul, nabi, penginjil, gembala dan guru disiapkan untuk:

“…untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus… Ef. 4:12-14

Terdapat berbagai pelopor yang telah mendahului kita sebagai teladan ilahi untuk menunjukkan kedewasaan hidup didalam Tuhan dan kepenuhan pengurapanNya. John G. Lake dikenal sebagai rasul iman abad ke-20. Bahkan setelah mengalami kesuksesan besar dalam penginjilan, penyembuhan yang ajaib dan kelepasan, ia mengatakan bahwa ia didorong untuk masuk ke tempat yang lebih dalam lagi di dalam Tuhan selama 9 bulan berdoa dan puasa. Saat itulah ia menemukan bahwa kepenuhan Kristus melontarkannya menuju dataran pewahyuan dan kuasa yang lebih besar lagi, yang ditunjukkannya pada dekade terakhir dalam hidupnya.

Pesan John G. Lake secara gamblang menguraikan kemajuan dalam hidupnya yang membawanya ke tempat penyerahan total untuk menjadi “manusia Kristiani.”. Bagi mereka yang telah sungguh-sungguh menyiapkan diri, Tujuh Roh Allah akan menjadi kenyataan pada masa sekarang. Gereja hanya melihat segelintir orang yang memisahkan diri, rela membayar harganya dan bersabar dalam pencobaan, untuk menjadi seorang manusia dewasa dan memiliki kepenuhan Kristus. Meski demikian, generasi ini akan menghasilkan sekumpulan “pahlawan yang ditakuti” yang diurapi; bagi mereka yang bersedia.

Pasangan Ilahi

Tujuh Roh Allah bekerja bersama secara berpasangan. Roh hikmat dan roh pengertian bekerja harmonis satu dengan lainnya. Roh nasihat dan keperkasaan bekerja bersama roh pengenalan dan takut akan Tuhan. Semua mengalir sebagai manifestasi Roh Allah.

Karunia Roh adalah pemberian Roh yang mengerjakan kehendakNya ketika suatu kebutuhan muncul. Kita tidak memiliki karunia tersebut; sebaliknya, karunia dimanifestasikan kala dibutuhkan. Ke-9 Roh dapat bekerja di dalam setiap orang percaya yang dipenuhi dengan Roh Kudus. Meski demikian, 7 Roh Allah adalah demonstrasi Roh yang jauh lebih besar pada setiap orang percaya dewasa dan telah dimurnikan untuk memahami misteri dan kuasa Allah.

Tujuh Roh Allah adalah “jubah-jubah” yang ditempatkan atas setiap orang percaya untuk bekerja secara penuh. Sungguh suatu hal yang indah ketika kita menerima perkataan hikmat; namun ini berjalan sepenuhnya dengan roh hikmat. “Jubah” yang ada atas Elia dan Elisa adalah perwakilan Perjanjian Lama sebagai faktanya. Perbedaannya, Roh yang bernaung atas nabi-nabi ini bangkit kala dibutuhkan, sedangkan bagi kita, kehadiran Roh dijanjikan ada atas kita terus-menerus.

Pengurapan Roh yang turun atas nabi-nabi Perjanjian Lama berlangsung dalam suatu musim sampai amanat Allah dituntaskan dan Roh akan diangkat kembali; pada pelayanan Tuhan Yesus, Roh tetap tinggal atasNya, berdiam didalam Putra Allah. Alkitab menyatakan bahwa Surga terbuka dan Roh Kudus turun dalam bentuk seekor merpati dan tinggal atasNya. Janji inipun berlaku atas kita!

Roh Hikmat dan Pengertian

Agar jubah hikmat dan pengertian dilepaskan, kita harus berdoa dan memintanya dengan integritas untuk menggunakannya dengan baik, rasul Paulus telah mengajar hal ini pada kita dalam Ef. 1:17-19. Kita harus dengan sungguh-sungguh menginginkan jubah-jubah ini dan berdoa agar kedewasaan, karakter, dan karunia diberikan bersama mereka. Keuntungan jubah-jubah ini sangatlah luar biasa:

1. Mata hati kita diterangi.
2. Pengertian untuk mengetahui apakah pengharapan dari panggilanNya atas kita.
3. Betapa kayanya kemuliaan warisanNya bagi orang-orang kudus.
4. Betapa kebesaran kuasaNya melampaui apapun bagi kita yang percaya padaNya
.

Roh hikmat adalah kemampuan ilahi Allah yang turun atas roh kita untuk melihat Yesus sebagaimana adanya Ia dan menerima pengertian dan pengetahuan ilahi tentang Firman Tuhan yang memampukan kita untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan, kapan harus melakukannya dan bagaimana melakukannya didalam segala situasi. Roh ini juga menyingkapkan hikmat dan rahasia Allah yang bermacam-macam dan tak terselami berkaitan dengan rancangan dan tujuanNya. Artinya, adanya keintiman yang lebih dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan Allah.

Tuhan Yesus duduk disebelah kanan Bapa dan dan Mempelai duduk disebelahNya di tempat tertinggi. Di tempat Mempelai ini, Allah dapat berkomunikasi dalam suatu waktu—pengertian yang membutuhkan berjam-jam dan bahkan berbulan-bulan untuk menyingkapkan segalanya. Jika kita mau mempelajari seni menantikan Allah, kita akan mendapati rahasia Kerajaan Allah melalui jubah-jubah ini.

Roh Pengertian

Roh pewahyuan/pengertian adalah pemahaman akan perkara-perkara Allah yang memberi pengertian ke dalam pikiran kita. Hikmat dan pengertian berarti pengetahuan akan hal-hal sejati disertai dengan kemampuan untuk membedakan cara bertindak disertai hasilnya. Ini adalah kemampuan yang tidak saja mengetahui perkara-perkara Allah, namun juga cara pelaksanaannya.

Pewahyuan adalah pemahaman yang dicangkokkan ke dalam roh kita dari Roh Kudus dan diteruskan ke dalam pikiran kita. Inilah suara Allah yang berbicara kepada roh kita dan memberitahu pikiran kita apa yang akan Allah kerjakan, penyingkapan rahasia-rahasia tersembunyi kepada kita oleh Roh Kudus, dan penyingkapan rahasia dan pemahaman akan masa depan.

Dan. 1:17 dan 5:11-12 menyampaikan bagaimana Daniel diurapi dengan roh yang sama dan bagaimana memfungsikannya dalam hidupnya. Sama halnya dengan Daniel, Roh ini akan memampukan kita untuk memahami rancangan dan tujuan Allah dalam menyingkapkan diriNya. Gabriel mendatangi Daniel dan berkata, “O Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti.” (Dan. 9:22). Bersamaan dengan tugasnya, Gabriel menyingkapkan penglihatan yang luar biasa beseerta dampaknya jauh kedepan dan menjelaskan artinya. Seperti yang dilakukan nabi besar ini, kerendahan hati dan memiliki roh yang luar biasa adalah atribut vital untuk mengerjakan roh hikmat dan pengertian ini.

Amanat Kita

Roh hikmat dan pengertian akan memampukan kita untuk memahami rahasia dan tujuan Allah yang dalam dan yang dibiarkan tersembunyi. Rasul Paulus menyatakan dalam Rom. 16:25:

“Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, — menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya…”

Pelayanan Paulus jelas menyingkapkan rahasia Kerajaan disertai dengan pengurapan dan jubah Roh Kudus. Ketika roh hikmat ini berdiam atas anda, bahkan ketika anda sedang merenungkan Firman Tuhan, tiba-tiba kebenaran sejati akan secara spontan diberikan kepada anda. Lalu roh pewahyuan diberikan untuk memberi pengertian akan Kebenaran dan tindakan yang relevan dengannya.

Hikmat dan pengertian memberi pengetahuan tentang keilahian Allah dan memampukan kita untuk mengenali Allah dengan lebih lagi, yang menuntun pada penghormatan yang lebih intim dengan Allah sendiri; keindahan sejati Allah adalah Kasih karunia dan KemuliaanNya. Karenanya, kita harus menghormati manusia roh dengan kelemahlembutan dan kerendahan hati. Roh hikmat dan pewahyuan akan memberi kita pemahaman tentang seluruh aspek Allah, seperti yang dinyatakan oleh 2 Kor. 3:17:

“Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.”

About siskapurnama

I'm a God Chaser! I'm a traveler who happen to be a lecturer at President University. I'm a pluviophile. Hope my translation sparks something inside you as God speaks to you Himself. I am His stylus.
This entry was posted in Prophetic. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s